• Cekidot

    Pertama Dalam Sejarah, UN SMA/SMK/Aliyah di Ciamis Lulus 100%!

    Berbagai akun jejaring sosial tweeter yang berbasis di Ciamis dalam beberapa jam terakhir nampak berisi kicauan tentang kelulusan Ujian Nasional. Para admin komunitas dan pemilik akun berkicau mengabarkan ucapan selamat serta kegembiraan atas kelulusan UN SMA/SMK/Aliyah di Kota Manis.

    Pengumuman kelulusan yang dilakukan hari Jumat (24/5/13) merupakan puncak penantian para siswa yang ditunggu-tunggu selama ini. Pengumuman tersebut dilaksanakan di sekolah masing-masing selepas waktu shalat jum'at, namun ada juga yang dilakukan sore menjelang petang. Kelulusan UN selama ini ditengarai beberapa pihak sebagai sumber stress dan ketegangan siswa menjelang akhir perjalanan bersekolahnya, sehingga tak pelak kelulusan 100% disambut dengan sukacita. Meski hanya sporadis, dilaporkan konvoi motor dan aksi corat-coret terlihat pada Jum'at sore di beberapa jalan seputaran Ciamis.

    Kegembiraan para siswa SMA/SMK di Ciamis nampaknya senada seirama dengan para pejabat dan keluarga besar Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. Media berita lokal CiamisZone.com (24/5/13), mengutip pernyataan Drs. Adang Sudrajat, MSi, Kabid Pendidikan Menengah Disdik Ciamis, melaporkan bahwa tahun ini Kabupaten Ciamis mencatat sejarah dengan meraih kelulusan UN SMA/SMK secara penuh atau 100% untuk pertama kalinya. Ciamis juga meraih peringkat lima besar hasil UN tertinggi di tingkat Jawa Barat. Secara nasional, Jawa Barat merupakan peringkat tertinggi tahun ini untuk SMA/SMK.

    Total peserta UN tingkat SMA/SMK/Aliyah di Kabupaten Ciamis pada tahun 2013 adalah sebanyak 12.317 orang. Jumlah tersebut meliputi peserta SMA (4.624 orang), SMK (5.324 orang) dan Aliyah (2.369 orang). Demikian dilaporkan Tribun Jabar (24/5/13), melansir ulang pernyataan Dra. Lela Nurlelasari, MSc., Kasi Kurikulum Dikmen Disdik Ciamis.

    Sejarah

    Inspirasi

    Fiksi