• Cekidot

    Berapa Kilometer Jarak Ciamis - Jogja?


    Berapa kilometer sih jarak Ciamis – Jogja? Pertanyaan tersebut boleh jadi membuat penasaran sebagian orang, terutama mereka yang akan mengadakan perjalanan dari Ciamis ke Jogja atau sebaliknya. Mesin pencarian Google pun menjadi andalan para netizen untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan itu.

    Jogja, nama lain dari Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi utama wisata di Indonesia. Setiap tahun, banyak rombongan sekolah, instansi maupun keluarga, yang menempuh perjalanan darat Ciamis – Jogja untuk study tour, kunjungan kerja, tugas belajar atau sekedar berwisata. Tak sedikit pula generasi muda Ciamis yang memilih melanjutkan kuliah di Kota Gudeg tersebut, kota dengan lebih dari 130 buah perguruan tinggi, menurut sebuah sumber.

    Percaya atau tidak, pada tahun 2012 jawaban untuk pertanyaan tentang jarak Ciamis – Jogja belum tersedia dengan memuaskan, belum 'to the point' dan masih menyisakan perhitungan yang harus dikerjakan. Penyebabnya ‘sederhana’ saja: saat itu Ciamis tidak termasuk perhentian utama rute perjalanan darat bus antar-kota atau travel jarak jauh, kalah populer oleh Banjar atau Tasik.

    Situs blog ‘Saung Urang Ciamis’-lah yang pertama kali melansir jawaban atas pertanyaan berapa kilometer jarak Ciamis - Jogja. Perhitungannya didasarkan terlebih dulu pada catatan perjalanan Tim Srikandi yang bersepeda antar-kota dalam rangka memperingati Hari Kartini. Jumlah kilometer jarak tempuh dari Jogja ke Tasik lalu dikurangi oleh jarak Ciamis – Tasik, sehingga didapatkan jarak Ciamis – Jogja adalah 282 kilometer.

    Perjalanan darat dari Ciamis ke Jogja, atau sebaliknya, akan melalui rute ini: Ciamis - Banjar - Majenang - Wangon - Rewulu - Buntu - Sumpiuh - Gombong - Kebumen - Purworejo – Kutoarjo - Wates - Yogyakarta.

    Catatan: data ini akan dikoreksi bilamana terdapat angka baru yang lebih valid.

    No comments:

    Sejarah

    Inspirasi

    Fiksi