• Cekidot

    Daftar Nama Destinasi Wisata Cagar Budaya di Kabupaten Ciamis


    CIAMIS.info - Geliat sektor pariwisata di Kabupaten Ciamis terus mendapatkan perhatian berbagai pihak. Disadari, multiplayer effects dari sektor wisata termasuk besar dan melibatkan banyak pihak, yang pada gilirannya diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah serta kesejahteraan masyarakat Ciamis.

    Destinasi wisata Ciamis yang dulu lebih didominasi oleh berbagai lokasi geowisata, didukung oleh keindahan dan keunikan alam Ciamis, kini juga mulai diperluas dengan mengeksplorasi potensi wisata budaya yang berlimpah. Hal tersebut dipengaruhi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat, terutama generasi muda yang gemar mencari dan berbagi informasi di dunia maya. Wisata budaya dapat pilihan untuk mereka yang ingin keluar dari rekreasi mainstream yang sudah 'biasa' dan banyak dikenal. Kecenderungan generasi milenia untuk membagikan aktivitas yang unik di media sosial juga sudah menjadi semacam lifestyle kekinian yang mendorong perkembangan destinasi wisata baru. 

    Di sisi lain, wisata budaya di Ciamis dinilai tak akan sulit mendapat kesempatan untuk berkembang. Potensi wisata budaya Ciamis tergolong sangat kuat, disebabkan panjangnya perjalanan sejarah kawasan Tatar Galuh yang kini menjadi Kabupaten Ciamis. Kekuatan potensi wisata budaya di Ciamis tersebut hanya tinggal menunggu kuatnya keberpihakan, manajemen yang mumpuni dan aksi pendekatan pada market yang sesuai.

    Cagar budaya dapat menjadi tulang punggung wisata budaya Ciamis. Tak hanya memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi, lokasi cagar budaya juga pada dasarnya tidak terlalu jauh dengan destinasi wisata Ciamis lainnya yang sudah lebih dulu terkenal, sehingga terbuka peluang untuk mengintegrasikan paket kunjungan.

    Daftar Cagar Budaya di Ciamis berikut ini adalah sebagaimana diterbitkan oleh dinas terkait dan dilansir pada situs Harapan Rakyat:

    Data Cagar Budaya dari Dinas Pariwisata:
    1. Astana Gede Kawali
    2. Karangkamulyan
    3. Gunung Padang
    4. Batu Tulis Citapen
    5. Situ Lengkong
    6. Bumi Alit
    7. Situs Garahan
    8. Situs Batu Tulis
    9. Kampung Adat Kuta
    10. Gunung Susuru
    11. Keramat Situ Gede.
    Data Cagar Budaya hasil pendataan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis:
    1. Kalap Kuning Lakbok
    2. Kapunduhan Hutan Larangan Panjalu
    3. Makom Keramat Gunung Tilu Panumbangan
    4. Situs Cagar Budaya Bojong Malang Cimaragas
    5. Keramat Seda Suci Cihaurbeuti
    6. Umbu Leuit
    7. Situs Bojong Galuh
    8. Situs Prabudimuntur Kertabumi
    9. Situs Samida
    10. Keramat Situ Gede
    11. Situs Pangrumasan
    12. Makom Pakuncen Ciamis
    13. Situs Gunung Galuh Ciamis
    14. Makom RAA Imbangara
    15. Situs Jagabaya
    16. Makom RAA Wiradikusuma
    17. Makom Gandaria
    18.  Situs Paniisan
    19. Kawasan Batu Tumpang 
    20. Curug Panganten Rancah
    21. Asta Sanghyang Samida Rajadesa
    22. Kadaleman Kawasen Banjarsari.
    Masih adakah situs cagar budaya yang belum terdata dan perlu memperoleh perhatian dari dinas terkait? Silakan memberi komentar.

    No comments:

    Sejarah

    Inspirasi

    Fiksi