• Cekidot

    Bray, Sudah Lengkapi Koleksi Selfie dengan Foto Aksi di Bendung Manganti?


    Bray, suka jalan-jalan untuk refreshing dan mencari suasana baru? Atau mungkin sedang jenuh dengan rutinitas harian, berharap meraih keseruan barang sejenak bersama teman-teman? Boleh jadi destinasi satu ini akan menjawab kegalauan yang tak tertahankan.

    Bendung Manganti terletak di Dusun Manganti, Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis. Bendungan yang terbentang selebar kurang lebih 100 meter tersebut mulai dibangun pada tahun 1972 dan diresmikan delapan belas tahun kemudian (tahun 1990) oleh Presiden Soeharto.


    Bendungan kebanggaan masyarakat Sidarahayu ini, mengutip catatan Bang Misno, memiliki fungsi utama sebagai sentral irigasi yang mengatur debit air pada saat musim kemarau agar tetap mengairi area persawahan di Sidareja, Cihaur dan Lakbok Raya. Keberadaannya menjamin ketersediaan air hingga musim panen bagi 27 desa di 7 kecamatan.

    Tak hanya berfungsi vital bagi pertanian, Bendung Manganti sudah menjadi icon wisata yang menarik dan terjangkau bagi masyarakat sekitarnya. Lokasinya yang berada di perbatasan antar propinsi menjadi tujuan warga dari wilayah Ciamis, Kota Banjar dan Cilacap, Jawa Tengah.

    Pengunjung dapat menikmati suasana bendungan sambil menumpang mobil odog-odong, menunggang kuda atau berswafoto (selfie) di lokasi yang dipilih sendiri. Keseruan wisata Bendung Manganti dapat dinikmati bersama teman-teman atau keluarga dengan pengeluaran yang relatif terjangkau.


    Beberapa pelancong yang diwawancarai Harapan Rakyat menyarankan penambahan fasilitas rekreasi bagi pengunjung. Tambahan sarana tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dan sekaligus menambah pendapatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

    Potensi Bendung Manganti masih terus menanti sentuhan lebih lanjut. Obyek ini terbukti dikunjungi hingga berkali-kali oleh para wisatawan lokal dari berbagai daerah, terutama di hari libur atau akhir pekan.

    Nah, Bray, tertarik melengkapi koleksi selfie-mu yang didapat dari hangout bersama teman-teman ke berbagai destinasi wisata keren dan tak hanya mainstream di Ciamis? Jadwalkan ke sini, ya, ke Bendung Manganti beramai-ramai. Ayo, bikin 'aksi' memajukan pariwisata Tatar Galuh tercinta!

    (ditulis ulang @urang_ciamis, foto © Muhamad Musyinun)

    No comments:

    Sejarah

    Inspirasi

    Fiksi