• Cekidot

    Di Mana Mencari Kuliner 'Tutut' di Ciamis?



    Kehadiran para pemudik pada waktu liburan hari raya membawa cerita lain tentang para pecinta kuliner Ciamis.  Warga keturunan Ciamis yang merantau di luar daerah, setiap pulang ke tanah kelahiran selalu mencari sajian kuliner yang mengingatkan pada masa kecil atau sulit didapatkan di tempat tinggalnya sekarang. Bermacam-macam jenis makanan khas Ciamis pun seolah berlimpah di saat lebaran, semisal opak, rangginang, wajit dan lain sebagainya.

    Kuliner Ciamis yang lebih ‘berat’ pun tak ayal ramai pula diburu para peminatnya. Keluarga besar berkumpul untuk menikmati gurame atau ikan mas bakar, sambal, lalapan dan lain sebagainya. Tempat tertentu bahkan menyajikan makanan yang unik dan langka, semacam sambal dage atau sejenisnya, yang sulit didapat di tempat biasa.

    Kuliner Ciamis memang sangat beragam. Salah satu sajian yang cukup populer dan disukai banyak warga Kota Manis adalah Tutut Sawah. Tutut adalah sejenis molusca yang masih kerabat keong emas, tetapi memiliki kulit cangkang berwarna hitam atau kehijauan, lazim hidup di sawah atau perairan tawar. Kuliner tutut biasanya disajikan dengan kuah kuning yang nikmat. Sensasi memakan tutut adalah pada saat menyedot bagian tubuhnya yang kaya protein, vitamin dan zat nutrisi lain.

    Pecinta kuliner Ciamis tak usah kuatir harus berburu tutut terlebih dulu atau repot memasak sajian yang satu ini. Jika waktu dan tenaga terbatas, tutut siap santap dapat dicari di tempat-tempat yang sudah mengolah dan menyajikannya.

    Rumah Makan “Restuna”, misalnya. Tempat makan yang beralamat di Jalan Raya Imbanagara ini menjadikan Tutut Sawah sebagai salah satu menu istimewanya. Didukung tempat makan yang cukup luas, duduk maupun lesehan, parkiran memadai, mushola dan fasilitas lainnya, pengunjung dapat habis-habisan menikmati sajian tutut nan nikmat, selain menjajal pula bermacam sajian ajib lainnya.

    Rumah makan khas Sunda tersebut menyediakan berbagai menu kuliner Sunda dengan cara prasmanan maupun dadakan. Gurame, ikan lainnya atau ayam, baik yang goreng, pepes maupun bakar, tersedia bersama sayur jengkol, genjer, kangkung dan kawan-kawannya. Minuman pelengkap acara makan bersama pun siap dipilih juga: Jus Duren, Sop Duren, Jus Alpokat dan lain-lainnya.

    Back to sajian tutut nikmat. Pecinta kuliner Ciamis yang hatinya rindukan tutut hingga galau tak berkesudahan, dapat menghubungi RM Restuna via telepon (0265) 774060 atau Hp. 081222100648 dan BBM 5F22C105. Ada baiknya bertanya dulu, siapa tau ternyata sudah kehabisan dan datang hanya untuk menelan kepedihan yang semakin dalam.

    Punya info tempat yang menyediakan tutut lainnya? Silakan berbagi di kolom komentar, ya.

    No comments:

    Sejarah

    Inspirasi

    Fiksi