• Cekidot

    Muralist Ciamis dan Semangat Kemajuan Potensi Kreatif Lokal


    Potensi kreativitas di kota Ciamis tak kalah bila dibandingkan dengan di wilayah lain. Itulah kesimpulan Erwin (eks vokalis Dr. PM, pemilik akun IG @erwinmoron_official, ketua Komunitas Cimahi Pride) yang sedang berkunjung dalam rangka silaturahmi lebaran di Ciamis. Ia menyempatkan diri untuk 'hunting' di Kota Manis dan menemukan mural keren di samping gerbang kawasan Lokasana. Karya pelukis mural lokal, Mufti Aziz Ramdani (@marmermor) tersebut terlihat unik dan berkarakter.

    Potensi kreatif yang keren dan jumlahnya banyak sekali di Ciamis, masih belum bisa dikelola oleh pemerintahan setempat, demikian simpulan hasil dialog dengan pemuda Ciamis yang ditemuinya. Kemungkinan besarnya adalah dinas pemerintahan atau wadah terkait belum faham cara mengembangkan komunitas kreatif dan fasilitas berkarya kurang, sehingga akhirnya ekonomi kreatif pun tidak berjalan.

    "Maaf kalau salah, hanya mengambil kesimpulan setelah berdialog," ungkapnya. Tak hanya menunggu, ia tergerak untuk mendukung. "Mudah-mudahan, saya akan tampung aspirasinya sebagai bahanku untuk bisa membuat solusi mandiri... amin," pungkasnya.

    Salut, ya. Jika orang luar saja mau 'turun tangan' mendukung potensi kreatif lokal Ciamis, apalagi warga Tatar Galuh? Siapa lagi yanga akan memajukan wilayah tercinta, jika tak dimulai dari diri sendiri, saling dukung sesama warga dan melibatkan semua potensi yang ada.

    Hatur nuhun, kang.

    No comments:

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi