• Cekidot

    04 November 2018

    Dandim 0613/Ciamis: Sinergitas dan Kesolidan, Kunci Sukses TMMD 103 TA 2018!


    Sekilas, tak ada yang berbeda dari foto hamparan alam yang terbentang di bawah sana. Tampak indah dilihat dari ketinggian, sebagian lahannya merupakan petak-petak sawah yang sedang dalam masa persiapan, sembari para petani menanti musim hujan yang sebentar lagi datang. Hijau pepohonan juga tampak di sela-sela pemukiman yang berdekatan. Meski cukup banyak terdapat rumah di kawasan tesebut, nampak jelas bahwa kawasan hijau khas pedesaan lebih mendominasi, tak seperti di kota yang amat padat oleh bangunan atau hutan beton.

    Yang terlihat menarik adalah garis meliuk-liuk berwarna abu-abu cerah yang tampak bersih mulus dilihat dari atas. Citra gambar tersebut mewakili kehadiran jalan baru yang baru saja diselesaikan dan segera dinikmati oleh warga setempat. Jalan yang dulu masih belum dapat dikatakan layak dan nyaman, kini menjadi lebih baik setelah dibeton dan diaspal secara gotong-royong melalui kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa).


    TMMD tahun ini menginjak yang ke-103, berlokasi di Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis. Kodim 0613/Ciamis menjadi salah satu dari dua wilayah pelaksana TMMD di lingkup Korem 062/Tarumanagara.

    Pemilihan Desa Lumbung sebagai lokasi kegiatan bukannya tanpa alasan. TMMD menyasar lokasi yang masih tergolong tertinggal, terisolasi atau perbatasan. Selain itu, daerah kumuh perkotaan atau daerah lain sesuai keriteria wilayah itu sendiri. Baik perencanaan dan pelaksanaan program-program TMMD sendiri disesuaikan dengan ajuan, usulan dan kebutuhan masyarakat di sekitar lokasi.

    Desa Lumbung merupakan salah satu desa terluas di kecamatan Lumbung, terdiri dari 31 RT, 9 RW, dan 7 dusun yang letak antar dusunnya cukup berjauhan. Desa ini dihuni oleh 3.364 orang penduduk, terdiri atas 1.657 orang laki-laki dan 1.707 orang perempuan (data KKN Unpad, 2015).

    Kehadiran 150 personel TNI dari Kodim 063/Ciamis di bawah komando Dandim Letkol Arm. Reza Nur Patria menghadirkan solusi atas permasalahan prasarana transportasi di antara dusun-dusun, berupa jalan desa yang selama ini masih membutuhkan perbaikan dan pengerasan. Para personel TNI bergotong-royong dengan sekitar 150 warga yang dipimpin Kepala Desa Lumbung, Yuyu Wahyu, dalam mengerjakan berbagai pekerjaan fisik yang langsung terasa manfaatnya.


    Kehadiran TMMD nyatanya tak sebatas mengurusi kegiatan pembangunan fisik, melainkan juga meliputi sasaran non-fisik. Berbagai penyuluhan diadakan bekerjasama dengan instansi/lembaga terkait. Pelaksanaan penyuluhan merupakan upaya untuk menyampaikan informasi kepada warga, yang meliputi bidang keagamaan, pertanian, kesehatan dan lain-lainnya.

    Tak hanya itu, para prajurit TNI juga diturunkan untuk mengadakan sosialisasi pembentukan relawan desa, pelatihan baris-berbaris anak-anak sekolah, hingga terlibat dalam penyuluhan zakat, infak dan shodaqoh bersama BAZNAS. Khitanan massal juga menjadi salah satu rancangan agenda dalam pelaksanaan TMMD kali ini.

    Dansatgas TMMD 103 TA 2018 sekaligus Dandim 0613/Ciamis dalam keterangannya menyampaikan bahwa keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari gotong-royong, sinergitas dan kesolidan semua pihak.


    Kontributor: Dede Arif Cahyadi
    Editor: CIAMIS.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi