• Cekidot

    04 November 2018

    Para Prajurit TNI Datang, Jalan Aspal Hadir Membentang

    Keinginan masyarakat Sindanglaya, Desa Lumbung, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, untuk menikmati fasilitas jalan yang lebih baik di kampungnya, akhirnya menjadi kenyataan. Tak hanya menikmati peningkatan kualitas jalan, beberapa fasilitas umum lainnya juga telah mendapat perbaikan.

    Perbaikan jalan desa, umum diketahui tak dapat dilaksanakan secara serta-merta, sebaliknya kadang memerlukan proses dan waktu penantian yang cukup lama. Kerap ditemui pula ungkapan dan unggahan warga, adanya jalan desa yang tak tersentuh perbaikan hingga bertahun-tahun lamanya. Masalah anggaran dan skala prioritas pembangunan biasanya menjadi kendala utama.

    Maka, kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah Lumbung, seolah ‘pucuk dicita ulam pun tiba’ atau ‘mobok manggih gorowong’ (di dalam bahasa Sunda) bagi warga setempat. Penantian dan harapan berujung dengan jawaban yang menggembirakan.

    TMMD ke-103 Tahun Anggaran 2018 di wilayah Lumbung, Ciamis, dibuka pelaksanaannya oleh Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin pada hari Senin, 15 Oktober 2018 bertempat di Lapangan Awiluar, Lumbung. Kegiatan ini akan berlangsung selama sebulan hingga tanggal 13 November 2018. Lokasi kegiatan dipilih dengan berbagai pertimbangan, sejalan dengan ditetapkannya wilayah Kodim 0613 Ciamis sebagai salah satu dari dua titik pelaksanaan TMMD di bawah Korem 062 Tarumanagara.

    Kehadiran para prajurit TNI dari Kodim 0613 Ciamis disambut antusias oleh warga dan pemerintahan setempat. Tak kurang 150 personel prajurit di bawah komando Dansatgas TMMD, yang sekaligus Komandan Kodim 0613, Letkol Arm. Reza Nur Patria, bahu membahu bersama sekitar 150 orang warga setempat di bawah arahan Yuyu Wahyu, Kepala Desa Lumbung, dalam melaksanakan giat pembangunan fisik di beberapa titik.

    Selama sebulan pelaksanaan TMMD, pihak TNI melakukan kerjasama dengan berbagai pihak agar hasil kegiatan memberi manfaat sebesar-besarnya dan tepat sasaran.

    "Semua kegiatan ini adalah sinergi antara TNI, Polri dan SKPD Kabupaten Ciamis, dengan masyarakat Desa Lumbung khususnya, dalam mensukseskan program-program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Daerah," ungkap Letkol Arm. Reza Nur Patria.

    Program pembangunan fisik yang dilaksanakan pada TMMD ke-103 TA 2018 oleh Kodim 0613 Ciamis di antaranya meliputi pembuatan rabat beton Jalan Sindanglaya sepanjang 155 m dengan lebar 3 m. Pembuatan rabat beton ini merupakan kelanjutan atau sambungan jalan yang sudah ada. Selanjutnya dilakukan pelapisan dengan labur aspal atas jalan tersebut, sepanjang 600 m dengan lebar 3 m. Pengaspalan juga dilakukan di ruas Jalan Katamaja sepanjang 1200 m dengan lebar 2,5 m.

    Perbaikan dan pengaspalan jalan juga dilakukan di Jalan Mangunjaya sepanjang 2000 m dengan lebar 3 m. Pembuatan rabat beton juga dilakukan pada jalur Pogor-Sukaraharja dengan panjang 250 m dan lebar 2,5 m, sebagai sasaran tambahan.

    Selain pembuatan rabat jalan dan pengaspalan sebagai sasaran pokok, TMMD juga melaksanakan perbaikan saluran irigasi, perbaikan atau bedah rumah rutilahu (rumah tidak layak huni), pembangunan gedung olah raga, pembuatan bak reservoir, pipanisasi air bersih dan pemeliharaan sarana keagamaan, sebagai sasaran tambahan.

    Kehadiran para prajurit di dalam TMMD telah memberi hasil nyata bagi masyarakat dan menunjukkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kegiatan ini dapat memberi inspirasi bagi semua pihak untuk melakukan pembangunan secara gotong-royong, kompak dan penuh tanggung-jawab, sehingga memberi hasil yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

    Kontributor: Dede Arif Cahyadi
    Editor: CIAMIS.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi