• Cekidot

    02 Desember 2018

    Unik, Mekarnya Bunga Bangkai di Kalapanunggal!


    Bunga bernama Amorphophallus ini ditemukan secara tak sengaja. "Seorang teman sedang di dalam perjalanan di dekat makam Lemah Putih bersama ibunya, ketika mereka tiba-tiba melihat bunga ini dan memotretnya," ungkap Kang Abun kepada CIAMIS.info.

    Bunga tersebut ditemukan di lahan kebun penduduk, dekat Makam Lemah Putih yang terletak di Dusun Kalapanunggal, Desa Sindangsari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Penampakannya yang cerah dan besar, langsung memikat mata, meskipun bau yang dikeluarkannya cukup menyengat.

    Pembicaraan tentang bunga bangkai pernah menghangat saat penamaan Taman Raflesia dipertanyakan beberapa tahun silam. Opini yang mengemuka, bunga raflesia bukan lagi ikon Ciamis, karena Pangandaran -tempat tumbuhnya bunga Raflesia- telah menjadi kabupaten terpisah.

    Bunga Rafflesia arnoldii (asal kata nama Taman Raflesia) ternyata hanya salah satu di antara dua jenis tumbuhan yang biasa disebut sebagai bunga bangkai. Satu tumbuhan lainnya yaitu bunga Armorphophallus, seperti yang muncul di Kalapanunggal, Cikoneng, Ciamis.


    Dikutip dari KOMPAS.com, bunga bangkai atau Amorphophallus dapat tumbuh melalui biji bunga dan juga umbi. Namun, jika dari biji, tanaman tersebut perlu puluhan tahun untuk tumbuh dan berbunga. Jika dari umbi, tanaman tersebut akan tumbuh lebih cepat tergantung usia dari umbi yang ditemukan di hutan.

    Saat mekar Amorphophallus dari jenis terbesar yang bernama Titan Arum, berasal dari Sumbar, tingginya bisa mencapai 2,5 meter, dengan lebar 1,5 meter. Titan Arum tertinggi, mengutip Beritagar.com, mekar pada 7 Maret 2016 dan memiliki tinggi 3,73 meter. Tinggi tersebut melebihi rekor dunia 3,1 meter yang tercatat di Guinness World Records.

    Warga Ciamis sendiri biasa menamakan bunga ini sebagai 'kembang suweg' yang muncul dari tanaman semacam umbi-umbian. Munculnya bunga ini lazimnya di setiap musim hujan, tetapi itu pun tak selalu ada di tiap tahunnya, serta tidak pasti letak tumbuhnya. Bunga suweg ini mengeluarkan bau busuk pemikat serangga yang akan lebih tercium pada malam hari.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi