• FYI

    20 Juni 2019

    Tingkatkan Profesionalisme, Kodim 0613 Ciamis Gelar Latihan Posko I

    Indonesia adalah negara yang memiliki keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa, tetapi sekaligus selalu menghadapi potensi terjadinya bencana alam yang membutuhkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan aparat pemerintah dan warganya setiap waktu.

    Kodim 0613 Ciamis, sebagai bagian dari TNI, menempatkan diri dalam kesiapsiagaan tersebut dan menempa diri dengan latihan berkelanjutan. Pada saat terjadi bencana, kehadiran TNI selalu terdepan dan di saat-saat pertama.

    Upaya pemeliharaan kemampuan dilaksanakan di antaranya dengan pelaksanaan Latihan Posko I, 19 Juni 2019, bertempat di Makodim 0613 Ciamis.

    Turut hadir dalam acara pembukaan, Danrem 062/TN (Kol Inf Parwito) dan Kapolres Ciamis (AKBP Bismo Teguh Prakoso SH S.IK MH), Wakil Bupati Ciamis (Yana D. Putra), Dandim 0612/Tsm, serta unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, beserta jajaran perwira Korem 062/TN.


    Latihan tersebut dibuka langsung oleh Danrem 062/TN. Danrem terlebih dulu mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. "Semoga Idul Fitri memberikan semangat baru yang dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT," pesannya.

    Danrem menegaskan bahwa Latihan Posko I ini memiliki tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan satuan, serta mewujudkan kinerja yang profesional. Metode latihan taktis ditujukan untuk meningkatkan satuan antara komando dan staf, dengan tujuan terpeliharanya hubungan antara komando dan staf dalam pengendalian operasi, guna membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana.

    Latihan Posko I Kodim 0613/Ciamis 2019 ini memiliki tema "Melaksanakan Operasi Penanggulangan Bencana Alam, Penanganan Pengungsi dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran dalam rangka Mengatasi/menanggulangi Terjadinya Bencana Alam Tsunami".


    Tema tersebut memiliki tujuan agar peserta memahami hubungan antara komando dan staf beserta aparat terkait, dalam rangka menanggulangi bencana banjir dan tsunami, serta memahami pengambilan keputusan yang tepat saat di lapangan, serta mampu berkoordinasi dengan instansi yang tepat. Ditegaskan, pemahaman yang betul akan menghasilkan produk yang berkualitas.

    Danrem memberikan motivasi serta mengajak peserta latihan untuk belajar bersama-sama dalam setiap latihan dan melaksanakan dengan penuh semangat kesungguhan.

    Sumber: rilis Waterpas, Tim Redaksi Pendim 0613 Ciamis - ed. @ciamis.info.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi