• FYI

    21 Juli 2019

    5 Manfaat Naik Gunung yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan


    Hallo wargi Ciamis, akhir-akhir ini semakin banyak destinasi wisata alam yang 'ditemukan' dan dibangun di wilayah Kabupaten Ciamis. Lokasi-lokasi tersebut dari mulai wisata yang berkonsep taman, spot untuk ber-swafoto sampai wisata pegunungan yang tersembunyi dan menyimpan keindahan yang luar biasa.

    Tidak terkecuali Puncak Puspa di wilayah Gunung Sawal yang akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan. Pesonanya tidak diragukan lagi, dengan hamparan alam pengunungan khas Kabupaten Ciamis dan udara yang masih begitu segar. Lokasi seperti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta keindahan alam.

    Setidaknya ada lima manfaat naik gunung yang bisa bikin ketagihan lho, Wargi Ciamis:

    1. Menyehatkan jantung dan paru-paru

    Udara yang masih segar sarat dengan kadar Oksigen membuat paru-paru menjadi sehat. Jatung pun kembali berfungsi dengan baik karena intensitas kerjanya terpacu saat melakukan pendakian.

    2. Meredakan stres

    Bagi orang-orang yang sudah terlalu lama terjebak dalam rutinitas kerja yang itu-itu saja, akan mengalami stres dan kepenatan yang luar biasa. Cobalah untuk mendaki gunung. Pemadangannya yang indah akan membuatmu lupa seketika semua beban yang ada di kepala.

    3. Meningkatkan sistem imun

    Mendaki gunung memerlukan energi yang cukup besar. Selain otot kakimu akan terlatih menjadi kuat, sistem imun tubuh kamu juga jadi meningkat dibandingkan kalau kamu tidak naik gunung.

    4. Membantu program diet

    Bagi yang sedang menjalani program diet, naik gunung adalah pilihan tepat. Berjalan menanjak dalam beberapa jam akan banyak membakar lemakmu, lho. Namun hati-hati jangan sampai pas turun gunung kamu malah makan tiga bungkus nasi timbel ya…

    5. Memperbanyak relasi

    Biasanya kalau mendaki itu kita bertemu banyak orang yang satu hobi. Saat start di titik awal pendakian, di tempat istirahat bahkan ketika sampai di puncak. Ingat, kawan-kawan pendaki gunung biasanya lebih solid lho. Jangan ragu berkenalan dengan mereka. Siapa tahu salah satu di antaranya adalah jodoh kamu, kan? He he he.

    Itulah manfaat naik gunung yang mungkin bisa membuat kamu ingin melakukannya. Wargi Ciamis sudah mencoba naik gunung mana saja?

    Teks: Diantika I.E
    Foto: Evi Oktaviani
    Editor: Yuska

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi