• FYI

    30 Juli 2019

    Dandim Ciamis: Puncak Puspa Sangat Bagus, Patut Dikembangkan!

    Sabtu, 27 Juli 2019. Hari sudah beranjak sore ketika yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Kabar tentang bakalnya hadir tamu istimewa di Puncak Puspa, Medanglayang, Panumbangan, memang sudah cukup santer beberapa waktu belakangan.

    Bermula dari tanggapan Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel., M.MDS., terhadap rencana diadakannya ‘Kemping Ceria di Puncak Puspa’ yang diposting oleh akun @ciamis.info di instagram. Kegiatan tersebut sejatinya hanya sebuah acara ‘ulin bareng’ (main bersama) yang digagas oleh Ciamis Info bersama Penerangan Kodim (Pendim) Kodim 0613 Ciamis, Tim Diskominfo Kabupaten Ciamis dan BNNK Ciamis.

    Kegiatan Kemping Ceria berisi ativitas kemah bersama, tetapi dimeriahkan oleh pergelaran seni tradisional Sunda, teater, bebegig dan nyanyian. Meski hanya ‘ulin’, agar punya makna, maka diisi pula dengan tausiah kebangsaan dari Pendim Kodim Ciamis serta seruan anti narkoba BNNK Ciamis. Tak lupa, disertakan pula ajakan konservasi dan pelestarian alam.

    Tak dinyana, orang nomor satu di Kodim Ciamis memberikan apresiasi positif dan menyiratkan kemungkinan untuk datang. Bukan hanya berupa komentar di medsos semata, Dandim ternyata menyampaikan maksud untuk hadir kepada aparat bawahan di wilayah setempat. Menyikapi hal tersebut, Danramil dan jajarannya langsung melakukan pengecekan ke lokasi.

    Puncak Puspa, destinasi wisata yang sedang berkembang, terletak di Kampung Pasireurih, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan. Obyek wisata yang relatif masih baru tersebut dikelola oleh Komunitas Puncak Puspa, pemegang mandat dari LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Batu Ngampar yang menjalin kerjasama resmi pengelolaan bersama Perhutani.

    Kehadiran Dandim di acara Kemping Ceria merupakan angin segar bagi perkembangan destinasi wisata alam tersebut. Terlebih, kedatangannya membawa pula suasana kebersamaan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Ciamis yang akhir-akhir ini terlihat sangat harmonis dan kompak.

    Berita kehadiran Dandim juga meningkatkan perhatian berbagai pihak terhadap Puncak Puspa. Ia berharap perhatian, semangat dan kesungguhan menyambut event tersebut akan tetap terpelihara ke depannya.

    “Kami mendukung sepenuhnya pengembangan destinasi wisata seperti ini. Puncak Puspa ini sangat bagus dan perlu terus dikembangkan,” tutur Dandim saat meninjau lokasi.

    Dandim menuturkan, dirinya dan Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso memiliki sikap yang sama dalam mendukung pembangunan demi kemajuan wilayah.

    “Kami melihat keberpihakan dari Pak Bupati sangat kuat terhadap pengembangan wisata untuk menggali potensi pendapatan daerah. Misalnya, terlihat sewaktu menyikapi potensi kopi di Rajadesa. Nah, lokasi Puncak Puspa ini tak kalah indah dan potensial untuk maju di masa depan, maka kami mendukung sekaligus mendorong pihak terkait dalam meningkatkan fasilitasnya,” tandas Dandim.

    Peningkatan akses jalan termasuk yang dicermati oleh Dandim. Dirinya memandang pelayanan prima dari pengelola wisata setempatlah yang akan menjadi penentu kemajuan Puncak Puspa ke depannya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi