• FYI

    20 Juli 2019

    Musim MPLS, BNNK Ciamis Proaktif Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Sekolah

    Dunia pendidikan Kabupaten Ciamis dalam beberapa waktu terakhir diwarnai pelaksanaan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di semua sekolah, seiring dimulainya kembali tahun ajaran dan masuknya para siswa baru. Kegiatan tersebut sangat penting untuk memperkenalkan segala aspek tentang sekolah dan menjadi acuan penting untuk mencapai tujuan pendidikan.

    Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis selaras dengan kondisi tersebut menggelar Roadshow Sosialisasi Tentang Bahaya Narkoba pada tanggal 15-18 Juli 2019. Roadshow merupakan bagian dari upaya preventif, pencegahan dini dalam menangkal masalah narkoba, serta diselenggarakan masih dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019 yang berupaya mewujudkan Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas.

    “Kita harus proaktif masuk ke sekolah-sekolah secara dini. Jangan sampai keduluan oleh para pelaku kejahatan atau jaringan pengedar narkotika yang akan merusak anak bangsa melalui anak-anak sekolah yang baru masuk, yang tidak tahu apa-apa,” tutur Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, S.H.

    Diungkapkannya, BNNK Ciamis menggelar secara masif ke sekolah-sekolah, tetapi ada pula pihak sekolah yang mengundang langsung pihaknya untuk menjadi narasumber dalam kegiatan MPLS. Sosialisasi tentang bahaya narkob sendiri, sebagai upaya preventif, sangat penting di samping tindakan represif pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

    Yaya berharap sekolah ke depannya akan menjadi satu kebanggaan bagi masyarakat Ciamis, yakni dengan menjadi sekolah yang bersih dari narkoba atau ‘Sekolah Bersinar’.

    Sekolah yang telah bersinar (bersih narkoba) akan membuat pihak orang tua dan keluarga tidak ragu lagi serta tidak merasa was-was, karena sekolah tersebut betul-betul sudah terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

    Ia berharap para siswa akan menjadi aktivis dan relawan pegiat anti narkotika, bisa meneruskan kembali ilmu yang didapatnya, baik ke teman-teman sekolah, maupun lingkungan rumah tinggal atau di mana saja dia berada.

    Deny Setiawan, S.Sos., M.M., selaku Kasi P2M BNNK Ciamis, sekaligus ketua pelaksana kegiatan sosialisasi pada MPLS, menambahkan bahwa sejumlah sekolah telah menggelar kegiatan tersebut, yaitu SMPN 1 Ciamis, SMPN 2 Ciamis, SMPN 3 Ciamis, SMPN 4 Ciamis, SMPN 5 Ciamis, MTs Assalimiyah, MTs Harapan Baru, SMP Plus Ma’Arif NU Ciamis, SMP Terpadu Al Hasan, SMKN 1 Kawali, MA Assalimiyah dan SMK LPT Ciamis. Jumlah total peserta tercatat sebanyak 2472 orang.

    “Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi tentang bahaya narkoba di sekolah-sekolah ini dapat memberikan pemahaman dan (sekolah) memiliki daya tangkal untuk menolak narkoba, sehingga diharapkan dapat menciptakan Sekolah Bersinar (Bersih Narkoba),” jelas Deny.

    Yudi Nugraha, S.Pd., Kepala Sekolah SMPN 4 Ciamis, memberi apresiasi kepada BNNK Ciamis yang telah menyampaikan sosialisasi anti narkoba kepada anak didiknya, khususnya bagi siswa baru. Momentum MPLS menurutnya memang harus diisi dengan kegiatan yang bermanfaat bagi siswa baru dalam memepersiapkan diri untuk menuntut ilmu di sekolahnya kelak.

    Yudi berharap sosialisasi tidak berhenti hanya di kegiatan MPLS saja, atau harus ada kelanjutannya. Ia berharap sosialisasi pun tidak terbatas hanya diberikan kepada para siswa.

    “Sosialisasi anti narkoba juga perlu diberikan kepada para orang tua siswa, sehingga semua warga SMPN 4 Ciamis khususnya, lebih-lebih seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis, terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” tuturnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi