• FYI

    15 April 2022

    Bangun 'Chemistry' dan Eratkan Silaturahmi, Pelajar dan Mahasiswa Mesir asal Ciamis Gelar Bukber di Kairo


    Pelajar dan mahasiswa asal Tatar Galuh Ciamis yang sedang menuntut ilmu di Negeri Seribu Menara, Mesir, terus berupaya mengeratkan tali silaturahmi dan membangun rasa kekeluargaan. Para anak muda penuh semangat yang kini berada pada jarak lebih dari 9.000 km dari tanah kelahiran tersebut memiliki ‘keluarga baru’ di perantauan.

    Momentum bulan Ramadan 1443 H tidak disia-siakan untuk meningkatkan ‘chemistry’ di antara sesama pelajar dan mahasiswa asal Ciamis di Mesir, di antaranya dengan mengadakan bukber (buka bersama) yang berlangsung pada hari Sabtu (9/4/2022), bertempat di kediaman Ustadz Yumna Ilahy, Koordinator Pelajar Ciamis-Mesir, di kawasan Gami' Hay Asyir, Kairo.


    Kegiatan ini dinilai amat penting untuk meningkatkan rasa kebersamaan di antara para pelajar dan mahasiswa asal Tatar Galuh di Mesir. Terlebih, tidak mudah untuk hidup jauh di negeri orang, membutuhkan kemampuan beradaptasi dan bertahan, serta tentunya dukungan. Saat berada di perantauan, sesama pelajar dan mahasiswa yang berasal dari satu negara, apalagi satu daerah kelahiran, adalah keluarga terdekat yang sangat terhubung erat.

    “Saat ini Ciamis memiliki 38 kader yang terdiri dari pelajar ma’had (sekolah setara SMP-SMA) dan mahasiswa Universitas Al Azhar, dan mudah-mudahan (ke depannya) akan terus bertambah. Baik pelajar ma’had maupun mahasiswa, semua itu tak menjadikan sebuah perbedaan, kita tetap satu, yaitu keluarga Galuh,” tutur Ustadz Yumna Ilahy pada kesempatan tersebut.


    Ia berharap, setelah diadakannya pertemuan perdana tersebut, ke depannya semua pelajar dan mahasiswa asal Ciamis akan terus menjalin kebersamaan, saling membantu baik dalam hal pelajaran, ekonomi, hubungan antar sesama, dan lain-lainnya.

    Ditambahkannya, pendidikan di Mesir tidak hanya di dalam bidang pengetahuan Islam saja. Terdapat pula berbagai pilihan studi dalam bidang pengetahuan umum, di antaranya kedokteran, informatika, seni, bahasa, dan banyak lagi.


    “Mudah-mudahan para pelajar dan mahasiswa Ciamis ini (nantinya) pulang dengan membawa nama baik dan segudang ilmu, serta menjadi cikal bakal penerus dakwah para ulama ke berbagai penjuru, khususnya di Tatar Galuh Ciamis. Aamiin ya Robbal 'alamiin,” ungkapnya.

    Harapan Ustadz Yumna Ilahy menumbuhkan harapan bagi para pelajar di Tatar Galuh Ciamis yang berminat menuntut ilmu di negeri piramida, yang tentunya harus diraih dengan tekad bulat dan ikhtiar semaksimal mungkin.

    Bukber Pelajar dan Mahasiswa Mesir asal Ciamis berlangsung dari pukul 16.00 hingga magrib waktu setempat. Pertemuan berlangsung penuh keakraban dan diisi dengan perkenalan, foto bersama, dan tentunya makan-makan. Seusai salat magrib dan makan, sebagian memilih pulang dan menjalankan tarawih di daerah masing-masing, sementara sebagian ikut bertarawih di rumah Ustadz Yumna Ilahy.

    Kontributor: @robimuliahati
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi