• FYI

    16 Desember 2016

    Yang Mana Bakso Ciamis Favoritmu?


    "Urusan mencari (mie) bakso, Ciamis adalah tempat yang tepat, lur!” Statement itu sepertinya perlu didahulukan untuk memberi garansi awal bagi para pencari kepuasan kuliner. Meskipun masalah selera adalah sesuatu yang subyektif, banyak orang mengakui bahwa bakso Ciamis memang sungguh enak, “ajiiib!" dan "maknyuus!" rasanya.

    Bakso, disebut ‘baso’ oleh lidah Sunda, memang memiliki tempat yang spesial di hati masyarakat Ciamis. Meskipun belum ada hasil riset ilmiah yang dapat ditampilkan di sini, secara umum ‘urang Ciamis’ termasuk pecinta bakso, bahkan sebagiannya mungkin adalah penggila bakso.

    Kecintaan masyarakat Ciamis terhadap bakso ikut menumbuh-suburkan warung atau usaha kuliner yang menyediakan bakso. Selain nama-nama usaha bakso Ciamis yang sudah melegenda dan bertahan lama, nama-nama baru pun bermunculan dan mungkin belum dikenal oleh sebagian pecinta bakso.

    Mana saja bakso Ciamis yang layak direkomendasikan? Sekali lagi, karena urusan selera dan rasa adalah subyektif, maka beberapa nama yang ditampilkan di sini ada baiknya dijadikan target wisata kuliner terlebih dahulu. Selepas itu, review-nya menjadi hak istimewa masing-masing pecinta bakso.

    Daftar penyedia bakso Ciamis:
    1. Mang Kasbi, dipikul (tanggungan), malam hari melintas di Lebsi (Lembur Situ)
    2. Bakso Ojo Lali, Rajadesa
    3. Bakso Simanalagi, Jl. RE. Martadinata, Ciamis
    4. Bakso Mela Jaya, Kawali
    5. Baso Entang, Janggala, Ciamis
    6. Bakso Pesat Banjarsari, Ciherang
    7. Bakso Ucok
    8. Bakso Setan
    9. Bakso Dani
    10. Bakso Tanjakan
    11. Bakso CR
    12. Bakso Aga
    13. Bakso Toymina
    14. Bakso Solo Mas Gimin, Pasar Ciamis
    15. Baso Si Eneng, Ciburuy
    16. Baso Urat Mangkok Beulah, ‘Lebanon’
    17. Baso Mang Ikin, Karanggedang
    18. Bakso Wong Solo, Pasar Langen Sari
    19. Baso Solo, Cisaga
    20. Baso Mang Ili, Jl. Astana Gede, Kawali
    21. Baso Lesehan Saeran

    Daftar nama bakso Ciamis yang ditampilkan di atas merupakan hasil jajak pendapat kecil-kecilan pada laman fanpage ‘CIAMIS’ di facebook. Masih terbuka kemungkinan terdapat nama-nama lain penyedia bakso di Ciamis yang belum dimasukkan. Silakan menambah daftar di bawah ini berdasar pengalaman atau rutinitas menyantap bakso Ciamis favorit. Tambahan tentang bakso Ciamis yang layak dikunjungi dapat Anda masukkan lewat kolom komentar.

    Ayo dukung dan majukan usaha kuliner di Ciamis!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi