• Cekidot

    Bakso Aga, Legenda Kuliner Ciamis dari Masa ke Masa


    Antrean pengunjung sangat padat sore itu, entah sudah berapa ratus perut yang datang dan pergi. Hari kedua selepas Lebaran dan begitu banyak pecinta kuliner Ciamis yang mampir, selepas silaturahmi dengan kerabat maupun sengaja mengunjungi tempat tersebut. Mereka bahkan rela duduk lesehan di halaman, karena daya tampung meja-kursi yang terbatas.

    Masyarakat Ciamis boleh dikatakan sebagai pecinta berat pada kuliner khas bernama bakso (dalam bahasa lokal disebut 'baso'). Indikator sederhananya, ditemukan begitu banyak usaha bakso di wilayah Ciamis, dengan berbagai variasi rasa, cara penyajian dan kekhasan pelayanan.


    Kuliner Ciamis bahkan tak lengkap tanpa kehadiran bakso yang selalu membuat rindu warga maupun keturunan Kota Manis tersebut. Para perantau yang berasal dari Ciamis pun biasanya menyempatkan diri mencicipi sajian kuliner yang satu ini pada saat berkunjung ke kampung halamannya.

    Baca juga: Yang Mana Bakso Ciamis Favoritmu?

    Salah satu usaha bakso yang sudah menjadi legenda Kuliner Ciamis adalah Mie Bakso H. Oding, atau lebih dikenal sebagai Bakso Aga. Konon, pernah terdapat toko kacamata bernama 'Aga' di sebelah Bakso Oding, dan ternyata nama 'Bakso Aga' akhirnya malah lebih populer di kalangan para penyukanya.


    Bakso Aga atau Bakso H. Oding termasuk pelaku kuliner yang sangat senior, berdiri sejak tahun 1955 dan kini sudah memiliki cabang-cabang di Ciamis, Tasikmalaya maupun Bandung. Semua sajian merupakan hasil racikan pemiliknya dan menerapkan komposisi terbaik. Untuk butiran bakso misalnya, digunakan perbandingan 1 kg daging sapi segar dengan 1 ons tepung untuk mendapatkan hasil terbaik.

    Ciri khas penggunaan 'mie golosor' yang terbuat dari tepung kanji dan berukuran lebih besar dari mie biasa, dengan warna kuning dan tekstur lembutnya, terus dipertahankan hingga sekarang. Istilah 'golosor' timbul karena mie tersebut sangat lembut dan akan 'tergelincir' di mulut dan lidah.

    Kuah panas nan gurih nikmat, tambahan acar yang terdiri atas timun, bawang dan wortel, serta campuran babat atau ayam, akan menambah sensasi kenikmatan rasa Bakso Aga.

    Usaha kuliner yang beralamat di Jl. Ir. H. Juanda No. 147 Ciamis ini telah mendapat tempat istimewa di hati para penggemarnya dari masa ke masa, setengah abad lebih lamanya. Ayo ngabaso, lur!

    No comments:

    Sejarah

    Inspirasi

    Fiksi