• FYI

    24 Juni 2019

    Jati Sewu Cibungbang, Destinasi Wisata Baru yang Menjanjikan


    Perkembangan pariwisata Kabupaten Ciamis menginjak babak baru dengan hadirnya Kolam Renang Jati Sewu Cibungbang (JSC) di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku. Obyek wisata keluarga ini berada di bawah pengelolaan Unit Usaha Industri Pariwisata BUMDes Nusa Cahaya Desa Jalatrang.

    Meski bukan yang pertama, tetapi inilah kemunculan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Ciamis yang secara nyata terlihat amat sungguh-sungguh dari mulai proses perencanaan hingga eksekusinya, serta tercermin pula dalam skala investasi bisnisnya.


    Secara riil, pembangunan sarana dan prasarana Kolam Renang Jati Sewu Cibungbang sudah pasti memerlukan biaya tidak sedikit. Keberanian Pemerintah Desa dan BUMDes Nusa Cahaya, di sisi ini, patut mendapat apresiasi dan acungan jempol. Selain itu, dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya di Ciamis yang berminat mengembangkan potensi wisata alam yang dimilikinya.

    Berkaca dari keberhasilan BUMDes di lokasi-lokasi lain di Indonesia, kesuksesan badan usaha milik desa pada saatnya diharapkan dapat memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakatnya. Sebelum memulai perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, BUMDes Nusa Cahaya Jalatrang terlebih dahulu melakukan kunjungan belajar ke obyek wisata (milik desa) serupa, Umbul Ponggok Klaten, peraih prestasi tingkat nasional.


    Kolam renang Jati Sewu Cibungbang, Jalatrang, memiliki potensi dan peluang yang menjanjikan di masa depan. Letaknya hanya 12,6 km dari pusat kota Ciamis, mudah ditempuh antara 20 sampai 30 menit saja dengan akses jalan memadai. Kolamnya dipasok dengan air dari mata air Cibungbang yang tidak usah diragukan kejernihannya. Sementara itu, keberadaan hutan jati memberi nuansa khas di tempat ini.


    Tak hanya memberi fasilitas berenang, kolam renang ini menyediakan saung gazebo untuk bersantai keluarga, teman atau untuk keperluan meeting kantor dengan suasana yang lain dari biasanya.

    Kolamnya juga dilengkapi dengan sarana untuk swafoto bawah air (selfie under water pertama di Ciamis), snorkeling dan bahkan menyediakan paket pre-wedding. Untuk fasilitas berfoto di bawah air, pengelola sudah menyediakan properti berupa motor, sepeda dan lain-lain, tanpa dipungut biaya tambahan, serta bebas berfoto sendiri atau bersama teman-teman.

    Keseriusan pengelola tampak pula pada penyediaan fasilitas penginapan. Pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di sini tak harus bingung, sebab ada fasilitas penginapan yang dapat dimanfaatkan. Dua unit villa telah dibangun pengelola Jati Sewu Cibungbang, melengkapi gazebo dan aula yang tersedia sesuai kebutuhan pengunjungnya.

    Villa disewakan dengan tarif Rp. 400.000, sudah free berenang dan tiket masuk, atau dapat juga per jam dengan tarif 2 jam pertama Rp. 150.000 dan berikutnya Rp. 25.000 per jam.

    Bicara soal tarif masuk, Kolam Renang Jati Sewu Cibungbang menerapkan HTM yang ramah dompet dan terjangkau pengunjungnya. Tiket masuk seharga Rp. 10.000 saja dan sewa pelampung seharga Rp. 5.000. Pelampung wajib digunakan setiap pengunjung yang berenang, sebab kolam renang memiliki kedalaman lebih dari 2 meter. Terdapat pula perahu karet yang dapat disewa oleh pengunjung seharga Rp. 25.000.


    Anda yang masih bingung mencari alternatif tempat rekreasi keluarga di Ciamis, kini tak harus bingung lagi. Jati Sewu Cibungbang dapat menjadi rekomendasi pilihan untuk mengisi waktu istimewa Anda. Jam buka setiap harinya pukul 07.00 hingga 16.30 WIB. Untuk info dan reservasi dapat menghubungi via akun IG @jatisewucibungbang.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi