• FYI

    08 April 2020

    Sedang Ditinggalkan Keluar, Rumah Warga Gareumpay Ludes Terbakar


    Nasib malang menimpa keluarga Atang (45) yang berdomisili di Dusun Gareumpay RT 08 RW 08 Desa Gegempalan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Rumah sederhana yang sehari-hari ditinggalinya bersama istri, Haemini (40), serta 4 anggota keluarga lainnya, mengalami musibah kebakaran, Rabu (8/4/2020) sekira pukul 9 pagi.

    Kemunculan api dilihat pertama kali oleh salah seorang warga setempat yang sedang melewati rumah korban. Kebakaran ditengarai bermula dari kamar tidur utama, tetapi belum dapat diketahui secara pasti penyebab awalnya. Api sudah dalam kondisi membesar, sementara kondisi rumah sedang kosong, tidak terdapat seorang pun penghuninya.

    Warga yang mengetahui hal tersebut segera melaporkan kejadian ke Kantor Desa Gegempalan. Selanjutnya, pihak desa langsung menghubungi Kantor Pemadam Kebakaran. Berdasarkan laporan tersebut, pihak Damkar segera mengirimkan unit kendaraan pemadam ke lokasi TKK (Tempat Kejadian Kebakaran).

    Sayangnya, sesampainya ke lokasi, unit kendaraan pemadam kebakaran sulit mencapai lokasi rumah yang terbakar. Sekitar 100 meter lagi menjelang rumah tersebut, terdapat longsoran tanah yang menghalangi laju kendaraan. Mengantisipasi permasalahan tersebut, petugas akhirnya menggunakan pompa portabel dan memanfaatkan kolam warga yang berdekatan sebagai sumber air.

    Meski sudah diupayakan maksimal, kebakaran terlanjur membesar dan menghanguskan seluruh bangunan. Rumah berukuran 4 x 8 meter persegi tersebut terbakar habis oleh si jago merah dan membuat sang pemilik sangat terpukul. Walaupun tidak menyebabkan korban manusia, karena rumah sedang ditinggalkan, tak urung kerugian diduga mencapai sekitar 50 juta rupiah.


    Petugas pemadam kebakaran melakukan pengecekan akhir dan memastikan pada pukul 12.00 WIB bahwa lokasi sudah dapat dinyatakan aman. Selepas pengecekan peralatan, para personel dan unit kendaraan pemadam kembali ke Mako Damkar di kota Ciamis.

    Selama menyaksikan proses pemadaman, pemilik rumah hanya bisa tertunduk lemas dan tampak sangat terpukul. Ia yang didampingi salah seorang warga, tampak tak mampu menutupi kesedihannya. Saat ini ia dan keluarganya sangat membutuhkan dukungan dari pihak-pihak yang terketuk hati dan mau mengulurkan bantuan untuk mereka.

    Kontributor: Saeun Rudi Hermanto
    Foto: Egi Gandana
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi