• FYI

    31 Agustus 2021

    Gelar Wakaf Quran di Kecamatan Cikoneng, Kelompok 2 KKN STAI Persis Garut Ajak Membumikan Alquran


    Kelompok 2 KKN STAI Persis Garut Angkatan 2021 menggelar kegiatan Wakaf Quran pada hari Jumat (27/8/2021), bertempat di 3 desa di wilayah Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Acara tersebut merupakan program kerja sama antara para mahasiswa dari Kelompok 2 KKN STAI Persis Garut dengan Yayasan Wakaf Quran Suara Hidayatullah Jakarta (40 mushaf), Yawash (40 mushaf), Penerbit al-Qoshbah (20 mushaf dan 100 juz ‘amma), UPTTHQ STAI Persis Garut (10 mushaf), PC Persis Tarogong Kidul kabupaten Garut (7 mushaf), Yayasan Al-Huda (20 Al-Quran beserta 20 paket sembako), Ibu Tia (10 Mushaf), dan Bapak H. Pepep (10 mushaf). Total Al-Quran yang diwakafkan oleh para pewakaf adalah sebanyak 127 buah mushaf Al-Quran.

    Kegiatan pertama dalam rangkaian penyaluran Wakaf Quran di 3 desa di Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, digelar di Masjid Ibnu Taimiyyah yang bertempat di Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00-09.30 WIB, diawali dengan pengajian yang diisi oleh salah satu mahasiswa KKN STAI Persis Garut, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan wakaf Quran. Acara ini dihadiri oleh ibu-ibu pengajian dan anak-anak yang sering belajar agama di masjid tersebut.


    “Semoga Wakaf Quran ini bermanfaat untuk waktu yang tidak terhingga dan menjadi amal jariah bagi yang mewakafkan. Jazakumullah ahsanal jaza,” ucap Abdul Latif mewakili jamaah sekaligus DKM Masjid Ibnu Taimiyyah.

    “Alhamdulillah, jazakumullahu khairan katsiran, kami jadi tambah semangat belajar mengajinya. Insya Allah, Alquran ini akan sangat bermanfaat bagi kami,” ungkap salah satu anak yang sering mengaji dan belajar di masjid tersebut.

    Kegiatan wakaf Quran dilanjutkan pada pukul 15.30 WIB di Yayasan Al-Hidayah yang bertempat di Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Mahasiswa Kelompok 2 KKN STAI Persatuan Islam Garut disambut oleh para santri madrasah diniyah, sebab bertepatan dengan waktu berkumpulnya anak-anak madrasah diniyyah di masjid untuk melaksanakan salat asar berjamaah, setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

    “Sesuatu yang bersama Alquran akan terbawa mulia maka Insya Allah program ini pun akan terbawa mulia. Yang mewakafkan akan terbawa mulia, yang membacanya pun akan terbawa mulia. Jazakallahu khairan katsiran bagi para pewakaf Alquran yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Semoga menjadi amal jariah dan wasilah menuju surga-Nya,” ujar H. Oman, Ketua Yayasan Al-Hidayah yang turut hadir dalam kegiatan ini.

    Sebelum melanjutkan kegiatan Wakaf Quran di titik terakhir, mahasiswa Kelompok 2 KKN STAI Persatuan Islam Garut mengadakan pembagian 20 paket sembako yang merupakan kerja sama dengan Yayasan Al-Huda. Pembagian paket sembako tersebut digelar di Dusun Sukasari dengan didampingi oleh Kepala Dusun Sukasari.

    “Alhamdulillah, selain Wakaf Quran, kami mahasiswa KKN STAI Persis Garut bisa menebar paket sembako kepada masyarakat desa yang membutuhkan di tengah pandemi ini. Semoga sedikit banyaknya bisa membantu meringankan kebutuhan sehari-hari,” tutur Azmi, Koordinator Bidang Ekonomi Sosial Budaya pada Kelompok 2 KKN STAI Persatuan Islam Garut.

    Akhirnya, kegiatan Wakaf Quran diakhiri di Masjid Nurul Mukmin di daerah Cisaray.

    “Alhamdulillah, jazakumullah khairan katsiran bagi para pewakaf, semoga Wakaf Quran yang disalurkan melalui mahasiswa KKN ini bisa menjadi amal jariah yang akan mengantarkan ke surga Allah kelak,” ujar Ketua DKM Masjid Nurul Mukmin pada saat berlangsungnya kegitatan tersebut.

    Ari Yandi Hidayat, Ketua Kelompok 2 KKN STAI Persatuan Islam Garut menuturkan, selain merupakan salah satu program KKN, kegiatan Wakaf Quran ini mempunyai tujuan mulia, yakni mensyiarkan dan menegakkan nilai-nilai Islam, serta untuk membumikan Alquran.

    Kontributor: Kel. 2 KKN STAI Persis Garut
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi