• FYI

    07 Oktober 2021

    Luar Biasa! Dheya Nazhira, Atlet Selam Jabar asal Ciamis, Raih Medali Emas di PON XX Papua


    Dheya Nazhira Nur Amalina, atlet selam Jawa Barat asal Ciamis, berhasil meraih prestasi terbaik menyabet medali emas pada perlombaan selam nomor Bifins Putri 50 meter PON XX Papua di Area Aquatik Kampung Harapan Kabupaten Jayapura, Rabu (6/10/2021).

    Atlet selam yang tercatat sebagai siswi kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Ciamis ini mencatatkan waktu terbaik 22,90 detik, bersamaan dengan atlet Papua Margaretha Herawati. Dengan demikian, terdapat dua orang peraih medali emas pada nomor tersebut, sementara medali perak diraih oleh atlet Bali atas nama Ni Luh Citra Dewi, dengan catatan waktu 22,93 detik.

    Penentuan juara tersebut sempat berlangsung alot, dengan keyakinan tinggi pada awalnya dari pihak kontingen Bali, bahwa juara pertama ada di tangan mereka. Ketiga perenang menyentuh finish dengan waktu yang nyaris bersamaan.


    Dheya Nazhira Nur Amalina adalah sosok perenang berprestasi luar biasa yang sudah mulai terjun di dunia selam sejak usia dini. Meskipun Ciamis belum memiliki kolam renang prestasi, tetapi di bawah bimbingan pelatih dan dukungan penuh POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) Kabupaten Ciamis, Dheya mampu menunjukkan prestasi cemerlangnya.

    Sebelum berlaga di PON XX Papua, Dheya sebelumnya telah meraih berbagai prestasi di tingkat daerah maupun nasional. Ia meraih waktu 24,00 detik pada ajang Pra Kualifikasi PON yang digelar di Pasuruan, Oktober 2019.

    Putri pasangan Aceng Habludin dan Desi Arisandi, kelahiran 9 Mei 2004, tersebut sudah menunjukkan minat dan bakat berenang sejak masih duduk di bangku TK. Ia kemudian menorehkan prestasi pada O2SN saat bersekolah SD.

    Selanjutnya, saat berusia 9 tahun Dheya mengikuti KRAPSI (Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia) pada tahun 2013 yang digelar oleh Perkumpulan Renang Millennium Aquatic (MNA), bertempat di Stadion Renang GBK Jakarta.

    Prestasi berikutnya diraih Dheya saat ia duduk di kelas 3 SMP Negeri 4 Ciamis. Ia berhasil meraih medali emas pada nomor bifin putri 50 meter, dan medali perak pada nomor bifin putri 100 meter, pada ajang PORDA XIII Jawa Barat Tahun 2018 yang berlangsung di Bogor.


    Keberhasilan Dheya yang meraih prestasi tertinggi di PON XX Papua pada tahun 2021 kembali membuktikan bahwa aset lokal bisa berbicara hingga di tingkat nasional. Meskipun Dhea berlatih keras dengan dukungan yang belum maksimal di Kabupaten Ciamis, termasuk ketiadaan kolam prestasi sehingga harus berlatih di kota tetangga, tetapi hasil yang kini diraihnya sangat membanggakan.

    Motivasi Dheya untuk terus berprestasi di tingkat nasional dan internasional diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi kawula muda lainnya di Tatar Galuh Ciamis, maupun Jawa Barat, untuk terus berlatih keras mengasah diri dan berjuang mengembangkan potensi di bidang olahraga. Di sisi lain, keberpihakan pemerintah dengan segala daya dukungnya diharapkan akan terus meningkat untuk semakin memajukan olahraga di Tatar Galuh tercinta.

    Sumber: Tribunnews, Galuh ID, Tribunnews, RMOL
    Foto: @fadlilu
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi