• FYI

    27 November 2021

    Atlet Cabor Paralayang Ciamis Jalani Training Center di Puncak Bogor


    Sebanyak 11 orang atlet cabang olahraga paralayang Kabupaten Ciamis, yang terdiri atas 5 orang atlet putri dan 6 orang atlet putra, mengikuti Training Center (TC) atau pemusatan latihan di kawasan Puncak Bogor.

    Training Center ini dilaksanakan sebagai bagian dari pemantapan kesiapan para atlet atau pilot paralayang Kabupaten Ciamis dalam menghadapi Babak Kualifikasi Porprov Jabar 2022 yang menurut rencana akan dilaksanakan di Kota Cimahi.

    Sebelumnya, pada bulan April 2021, sebagaimana diberitakan media, pengurus PGPI (Persatuan Gantole dan Paralayang Indonesia) Kabupaten Ciamis telah menetapkan target raihan 2 medali emas dari cabor paralayang pada Porprov XIV tahun 2022 nanti.


    Para atlet atau pilot paralayang Ciamis telah mengikuti pendidikan dan pelatihan, serta pembinaan oleh para instruktur, sebelum akhirnya diberangkatkan mengikuti Training Center di Puncak, Bogor. Lokasi yang digunakan untuk latihan selama ini, di antaranya di Bukit Baros, Panjalu, dan di Pagerageung, Tasikmalaya.

    Para atlet atau pilot paralayang yang menjalani pemusatan latihan di Puncak Bogor, yakni Agus Abdul Ghani, Mafudotul Hasanah, Muhammad Dikdik Muzahid, Puji Aristi Epsiani, Muhammad Nurjati Gemilang, Siti Maryam Ar-Rofiqi, Fifi Fitriyah Afifah, Uga Nugraha Gufron, Tsania Wardah Humaira, Ilham Purwadipraja, dan Yayan Herdiana.

    Keberadaan paralayang di Kabupaten Ciamis selain memperkaya jenis cabang olahraga yang tumbuh di Tatar Galuh, sekaligus juga membuka harapan baru pengembangan wisata alternatif di masa datang. Ketua PGPI Ciamis, Wasdi, pernah mengungkapkan bahwa target paralayang Ciamis adalah prestasi, prestise, dan bangkitkan ekonomi.


    Sebagai atraksi wisata, olahraga paralayang yang telah beberapa kali hadir di Bukit Baros, Panjalu, mendapat perhatian cukup luas dari masyarakat dan tersebar melalui media sosial. Bukan mustahil di masa datang atraksi paralayang dapat menjadi pilihan tersendiri bagi mereka yang mencari alternatif kegiatan dengan minat khusus pada olahraga alam bebas dan penuh tantangan.

    Paralayang diharapkan dapat menjadi potensi wisata tersendiri di masa datang, apalagi wilayah Ciamis memiliki kondisi geografis yang memungkinkan. Pengembangannya tetap membutuhkan dukungan dari semua pihak dan menerapkan standar yang ketat untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan sekaligus dapat membawa dampak positif bagi semua pihak yang terlibat.

    Foto: @al.ghanny
    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi