• Cekidot

    12 Februari 2019

    Luapan Air Sempat Mengancam Rumah Warga Babakan, Jagabaya


    Jebolnya saluran air di wilayah Cimandung kemarin sore (Senin, 11/2/2019) diduga menjadi penyebab melimpahnya air sehingga menggenangi sebagian wilayah Dusun Babakan, Desa Jagabaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

    Hal tersebut didorong pula oleh turunnya hujan lebat, sehingga debit air sungai meningkat sangat drastis dari kondisi normal.

    Warganet @edhyjuna.93 melaporkan, sekira pukul 16.30 WIB arus air sudah tampak deras dan meluap di kawasan tersebut. Terdapat rumah penduduk yang terancam aliran tersebut dan segera mendapat penanganan masyarakat dibantu tim SAR.

    Warga setempat berinisiatif mengumumkan keadaan darurat melalui pengeras suara (TOA) masjid. Secara swadaya dan sukarela masyarakat segera bahu-membahu turun tangan membuat tanggul sederhana untuk mencegah air kembali memasuki lokasi hunian penduduk.

    Tidak dilaporkan adanya korban manusia maupun kerusakan materi hingga berita ini diturunkan.

    Masuknya musim hujan yang cukup intens dan deras sepatutnya menjadi kewaspadaan bersama, terutama di wilayah rawan bencana. Pihak BPBD secara khusus telah memberi peringatan melalui media massa selama beberapa waktu terakhir.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi