• FYI

    01 Agustus 2019

    Makan Malam Sinergitas

    Kunjungan Dandim Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel., M.MDS., ke Puncak Puspa, pada Sabtu (27/7/2019) yang lalu membawa perubahan suasana. Lokasi wisata alam baru yang terletak di Kampung Pasireurih, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, tersebut boleh dikatakan baru pertama kalinya mendapat kunjungan pejabat tinggi di tingkat Kabupaten Ciamis.

    Beredar kabar pula bahwa Dandim sebagai anggota Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) mengajak pejabat-pejabat lain untuk hadir di acara Kemping Ceria. Tak ayal, segala persiapan dilakukan di lapangan untuk menyambut kehadiran para pejabat tersebut. Tak kurang dari aparat pemerintah, kepolisian dan militer setempat ikut bersiap-siap.

    Tak terkecuali, panitia lapangan Kemping Ceria. Salah satu hal yang amat penting adalah sajian makan malam untuk para tamu yang akan hadir tesebut. Panitia sempat kebingungan dengan informasi awal, bahwa Dandim dan para pejabat lain mungkin akan ikut menginap (berkemah), yang pastinya memerlukan fasilitas kemah yang sesuai. Masalah tersebut akhirnya dapat diantisipasi dengan bantuan Danramil Panumbangan, Kapten Darmin.

    Keraguan timbul saat tenda yang direncanakan untuk tempat menginap Dandim ternyata tidak jadi didirikan. Namun, tak lama Tim Pendim memastikan bahwa Komandan sedang berada di dalam perjalanan. Pula, nampak para pejabat polsek dan koramil sudah bersiap menyambut di lokasi.


    Makan Malam Sinergitas

    Dandim Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel., M.MDS., tampak menikmati kunjungannya di Puncak Puspa. Tak hanya berbincang dengan pejabat dari kepolisian dan koramil setempat, kehadirannya yang ditemani pejabat dari pemkab Ciamis juga diiringi peninjauan ke beberapa fasilitas Puncak Puspa.

    Dandim beserta jajaran bahkan melaksanakan salat maghrib dan isya di musala yang baru saja selesai dibangun oleh pengelola Puncak Puspa. Musala tersebut masih wangi kayu pinus, material yang digunakan sebagai dindingnya. Air untuk wudhu dan mandi sudah tersedia dengan baik, bahkan sandal untuk pengunjung pun tak lupa disiapkan (hal kecil dan sederhana, tetapi penting).

    Selepas salat, Dandim dan jajaran menuju salah satu warung yang ada di Puncak Puspa. Tempat tersebut sudah dipersiapkan oleh para personel koramil dan polsek untuk menjadi tempat makan malam. Panitia Kemping Ceria urung membagikan nasi kardus yang sudah dipersiapkan, berganti dengan hidangan spesial yang sudah dipersiapkan koramil dan polsek.

    “Enak ini daging kambing panggang kiriman Pak Kapolres,” puji Dandim sembari menunjuk ke arah wadah makanan.

    Rupanya tak hanya daging kambing dari Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, S.H., S.I.K., M.H., yang tersaji. Polsek dan koramil Panumbangan juga bekerja sama menghadirkan sup ikan gurame dan lain-lainnya. Para personel polisi dan tentara yang berada di Puncak Puspa segera ikut menikmatai menu makan malam istimewa tersebut.

    Makan malam sinergitas TNI-Polri yang tercermin di Puncak Puspa, memberi makna tersendiri tentang kebersamaan. Relevansinya, secara khusus Dandim berpesan agar pengelolaan Puncak Puspa atau lokasi manapun sebagai obyek wisata dikerjakan oleh semua pihak secara sinergis.

    “Jangan sampai hanya mengejar pemenuhan kepentingan sepihak, atau beberapa pihak, melainkan harus memberi manfaat pada semua pihak,” tandas Dandim.

    Selepas menyapa para penari anggota tim kesenian yang akan tampil, Dandim dan jajaran meluncur kembali pulang menggunakan kendaraan yang telah disiapkan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi