• FYI

    17 Desember 2019

    Kondisi Jalan Tak Kuat Menahan Beban, Truk Pasir Terguling di Cibungur


    Masyarakat kampung Cibungur, Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, sekitar pukul 2 dinihari, Selasa (17/12/2019) tadi, dihebohkan oleh insiden amblasnya sebuah truk pengangkut pasir (yang kemudian terguling) di lokasi tersebut.

    Warganet Achmad El Ghiffarie menyampaikan melalui akun facebook CIAMIS, penyebab kejadian diduga karena truk bermuatan pasir basah tersebut melalui jalan kecil dengan tembok tebing yang rapuh.

    "Jadi jalan rada hipu (jalan agak rapuh)," tuturnya.


    Mobil truk pengangkut pasir tersebut akhirnya oleng dan beberapa waktu kemudian terguling karena tebing jalan yang longsor tertekan beban berat. Kejadian ini tak pelak mengundang perhatian warga setempat.

    Tergulingnya truk tersebut terjadi tepat di halaman rumah salah satu warga Cibungur dan tidak menimbulkan korban jiwa, hanya menyebabkan kerugian material (bangunan) saja.

    Truk yang mengalami musibah sudah dapat dievakuasi berkat gotong royong warga sekitar, dibantu 1 unit mobil derek.

    Kejadian ini kembali menjadi peringatan bagi para pengguna jalan, terutama operator angkutan beban yang cukup berat bobotnya, untuk selalu berhati-hati melewati jalur yang sempit dan diduga tidak sanggup menahan beban berat, semisal jalan-jalan kecil di perkampungan.

    Kondisi bertambah riskan karena turunnya hujan dapat menyebabkan perubahan kondisi jalan, terutama di lokasi bertebing yang tanahnya tidak padat dan kuat, atau tanjakan yang kondisinya ekstrim.

    Pengirim: Achmad El Ghiffarie
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi