• FYI

    08 Agustus 2020

    Mengintip Kesiapan Pines Kertajaya, Calon Destinasi Wisata di Ciamis Utara


    Bercerita tentang Ciamis tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih lagi jika kita merupakan orang yang lahir di sana. Ciamis merupakan tempat yang indah, nyaman, dan penuh ketentraman. Orang yang tidak dilahirkan di kota galendo ini pun banyak yang merasa terkesan dan merasa lebih nyaman berada di sini.

    Membahas tentang keindahan alamnya, Ciamis memiliki banyak sekali pemandangan alam yang bisa dinikmati. Belakangan ini, bermunculan tempat-tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan. Tempat-tempat tersebut viral di media sosial setelah banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan mereka memposting hasil jepretan fotonya di media sosial dengan menggunakan hastag yang tepat atau menandai media-media sosial besar yang mengusung nama Ciamis.

    Tidak terkecuali dengan Kecamatan Panawangan. Daerah Ciamis bagian utara ini memiliki keindahan alam yang tidak kalah memesona dibandingkan dengan keindahan-keindahan alam yang ada di wilayah kabupaten Ciamis lainnya.

    Sebut saja Puncak Pines Kertajaya. Tempat ini merupakan tempat yang mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal yang menyengaja datang untuk menikmati keindahan alam pegunungan yang ada di sana.

    Tempat ini menyuguhkan pemandagan alam berupa pegunungan berlapis dengan puncak gunung Ciremai yang agung menambah keindahan sejauh mata memandang.

    Spot fotonya sudah cukup instagramable, meski di beberapa tempat masih terlihat yang masih dalam tahap persiapan dan pembangunan.

    Puncak Pines Kertajaya, memang belum diresmikan sebagai destinasi wisata alam oleh pemerintah setempat. Namun sudah banyak pengunjung yang menikmati suguhan keindahannya dan memposting di media sosial. Postingan-postingan tersebut pun tentunya lebih mengundang para pengunjung untuk mendatangi tempat ini.

    Nida Nafisah, salah satunya. Mahasiswi Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis yang berdomisili asli Panawangan ini, mengaku sudah tiga kali datang yang ke tempat tersebut. Menyengaja datang untuk sekadar rekreasi atau mengantar saudara yang baru saja pulang ke kampung halaman.

    Ketika diwawancarai, ia memberikan saran yang sangat membangun untuk pengelola Puncak Pines Kertajaya.


    “Sepertinya sebaiknya sebelum dibuka, dipersiapkan dulu fasilitas lain seperti toilet, tempat sampah, dan lainnya. Selain itu, sebaiknya bunga-bunga sudah ditanam sebelumnya, sebelum pengunjung diperkenankan datang ke tempat ini. Jadi ke sini itu sekalian lihat taman bunga juga,” ucap Nida panjang lebar.

    Ia pun mengaku merasa bangga bahwa di kawasan Ciamis utara akhirnya ada objek wisata yang cukup potensial. “Semoga kecamatan Panawangan lebih terkenal,” pungkasnya.

    Puncak Pines Kertajaya ini bisa ditempuh sejauh kurang lebih 5 km dari pusat kecamatan Panawangan, dengan menggunakan kendaran roda dua dan empat.

    Akses jalan cukup mudah dilalui. Pengunjung tidak perlu berjuang keras mendaki gunung untuk menemukan tempat tersebut, karena memang sudah berada di dataran tinggi.

    Penulis: Diantika, I.E., Kontributor Tetap CIAMIS.info, Ketua Komunitas Penulis Kreatif
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi