• FYI

    13 September 2020

    Batu Besar Curug Bunton, Spot Berfoto Istimewa Wisata Alam Banjaranyar


    Curug Bunton namanya, sebuah destinasi wisata alam air terjun yang mempesona. Selain namanya yang unik, kondisi alamnya juga punya keistimewaan tersendiri yang sangat layak untuk dikunjungi. Bahkan boleh dibilang belum lengkap menjelajahi alam Tatar Galuh Ciamis, jika belum menyambangi tempat ini.

    Keberadaan Curug Bunton mungkin bagi sebagian orang belum seterkenal wisata air terjun lain di wilayah Kabupaten Ciamis, seperti Curug Tujuh Cibolang, Curug Panganten dan lain-lainnya. Padahal, keindahan air terjun yang satu ini sangat potensial untuk dieksplorasi para pecinta piknik di alam bebas.

    Letak Curug Bunton berada di RT 33 RW 09 Dusun Pasirgintung, Desa Karyamukti, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Lokasinya sekitar 30 menit dari Kecamatan Banjarsari, atau kurang lebih satu setengah jam dari pusat kota Ciamis. Kecamatan Banjaranyar sendiri adalah hasil pemekaran dari Kecamatan Banjarsari, berdiri sejak tahun 2015. Kini, air terjun Curug Bunton menjadi salah satu aset wisata alam kecamatan yang masih muda ini.

    Pengunjung yang akan menuju ke Curug Bunton dapat menggunakan kendaraan mobil dan motor hingga sampai di tempat penitipan. Selepas itu, terdapat jalur jalan kaki selama lebih kurang 15 menit dengan pemandangan yang indah.

    Sejatinya, Curug Bunton dulu hanya merupakan tempat bermain para pemuda Dusun Pasirgintung. Air terjun berketinggian sekitar 15 meter tersebut berada di tengah-tengah rerimbunan pepohonan berusia tua dan batuan hitam alami khas pegunungan. Suasana dan keindahannya masih sangat natural dan belum banyak campur tangan manusia.

    “Curug Bunton ini sebenarnya masih alam bebas, bukan tempat wisata, tempat bermain anak-anak muda kami di kampung. Hanya saja para pemuda kemudian membuatkan akses jalan sampai ke lokasi,” tutur Azis Andrian, salah satu pemuda setempat pada CIAMIS.info.

    Penyuka fotografi tersebut berharap Curug Bunton dapat menjadi salah satu ciri khas kampungnya dan menjadi potensi yang dapat dikembangkan di masa depan.

    Salah satu keistimewaan yang sangat menonjol dari Curug Bunton adalah keberadaan batu besar di atas aliran air. Batu yang terlihat ‘menumpang’ dan tertahan di kiri-kanannya oleh dinding tebing tersebut menjadi spot berfoto yang sangat menarik bagi para warganet untuk datang berkunjung.

    Pengelolaan Curug Bunton saat ini mulai dilakukan oleh Karang Taruna Dusun Pasirgintung. Pembuatan fasilitas dan kelengkapan layaknya sebuah obyek wisata alam mulai menjadi pembicaraan. Sejauh ini, Drian dan kawan-kawan masih sebatas memberikan layanan pengantaran bagi pengunjung asal luar daerah yang ingin datang ke lokasi.

    Pengelola Curug Bunton dapat dihubungi melalui CP Rusli 0812-2469-1503 dan Azis 0856-0324-6828.


    Satu hal yang sama-sama patut diperhatikan pengelola dan pengunjung adalah kebersihan dan kelestarian lokasi istimewa ini, di antaranya dengan menghindarkan membuang sampah ke alam bebas. Kesadaran semua pihak dapat berbuah sikap positif untuk menjaga keindahan alam Curug Bunton untuk saat ini dan di masa datang.

    Sumber: @pasir_gintung.
    Editor: @ciamis.info.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi