• FYI

    10 September 2020

    Kunjungi Selamanik, Danrem 062 Tarumanagara Turun Langsung Tanam Palawija dan Porang


    Danrem 062 Tarumanagara Kolonel Inf. Muhamad Muchidin, S.Sos. melakukan kunjungan pertama ke wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis, pada hari Rabu (9/9/2020). Kunjungan tersebut mengambil lokasi di Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis.

    Kehadiran Danrem 062 Tarumanagara disambut oleh Plh. Sekda Kabupaten Ciamis Toto Marwoto, Wakapolres Ciamis Kompol H. Hidayatullah, SH., S.I.K., perwakilan DPRD Kabupaten Ciamis dan instansi terkait lainnya.

    Turut menyambut Danrem 062 Tarumanagara, perwakilan masyarakat Selamanik yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Barokah Alam, Taruna Tani Barokah Alam, Kelompok Kegiatan Itikurih, PKK dan Kampung KB Wijayakusumah.

    Danrem menyampaikan bahwa kunjungannya di wilayah Kodim 0613/Ciamis adalah dalam rangka perkenalan wilayah, karena Kodim 0613 Ciamis merupakan bagian dari teritorial Korem 062 Tarumanagara.

    "Kunjungan kami ini adalah untuk memperkenalkan diri sebagai Komandan Korem 062/Tarumanagara, di mana ini menjadi kunjungan kerja pertama kami di wilayah Kodim 0613/Ciamis," tutur Danrem.

    Danrem beserta rombongan melakukan penanaman palawija dan porang di lokasi kunjungan yang termasuk ke dalam wilayah Koramil 1308/Buniseuri tersebut. Danrem sangat merespon positif berbagai hal yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat.

    Masyarakat Selamanik dinilai Danrem sudah cukup aktif melakukan penanaman tanaman guna menyukseskan program ketahanan pangan di tengah situasi pandemi Covid-19.

    "Warga di sini cukup aktif melakukan penanaman untuk memenuhi kebutuhan secara ekonomi, baik untuk dikonsumsi pribadi maupun bernilai jual. Seperti yang sudah produksi yakni pepaya California, juga ada jagung, porang dan jahe merah," ungkapnya.

    Sebagai informasi, tanaman porang atau ‘iles-iles’ merupakan umbi-umbian yang sangat potensial memberi dampak ekonomi besar bagi para petani. Tanaman yang termasuk ke dalam spesies Amorphophallus muelleri ini banyak dipakai sebagai bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, pembuatan lem dan jelly, serta beberapa tahun ini menjadi komoditi ekspor ke Jepang.


    Ia berharap program ketahanan pangan yang dilakukan oleh warga masyarakat Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku, dapat diterapkan desa-desa lainnya yang ada di wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis, khususnya di Kabupaten Ciamis.

    "Mudah-mudahan ke depannya tidak hanya daerah sini saja, tetapi juga di daerah lain. Di sini sangat masif, dibagi ke dalam beberapa kelompok, ada penanaman, pemeliharaan, sehingga hasilnya bisa maksimal," tandasnya.

    Sumber: Pendim 0613 Ciamis, warganet
    Editor: @ciamis.info.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi