• FYI

    28 Februari 2021

    Kayaking di Situ Lengkong Panjalu, Alternatif Wisata Ciamis yang Menawarkan Pengalaman Berbeda


    Pilihan berwisata di wilayah Kabupaten Ciamis akhir-akhir ini semakin bertambah dengan munculnya berbagai alternatif baru yang menarik bagi wisatawan. Salah satu yang makin nge-hits dan makin dikenal oleh publik adalah wisata kayaking di Situ Lengkong Panjalu. Aktivitas yang merupakan perpaduan antara olahraga dengan rekreasi air ini digagas dan dikelola oleh Kancra Kayaking.

    Kayaking adalah olahraga di atas permukaan air dengan menggunakan perahu ringan yang dikendalikan dayung bernama kayak. Kancra Kayaking mulai beroperasi di Situ Lengkong Panjalu sejak 28 Oktober 2020 dan hingga kini terus mengembangkan diri agar dapat memberi pelayanan terbaik bagi para pengunjung.

    Penggagas sekaligus Managing Director Iwan Wahyudi berharap keberadaan Kancra Kayaking dapat mendukung upaya untuk mewujudkan Situ Lengkong Panjalu sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Jawa Barat.

    Saat ini, Kancra Kayaking buka dan melayani kunjungan setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, kecuali pada hari Jumat ada jeda selama pelaksanaan salat Jumat (pukul 11.00-13.00 WIB). Perjalanan kayaking dilakukan setiap jam, dengan durasi satu jam (60 menit), dan didukung oleh 3 orang official guide.

    Biaya sewa kayak yang ditetapkan oleh Kancra Kayaking relatif terjangkau untuk pengalaman berwisata yang sangat unik dan berbeda. Terlebih, pesona Situ Lengkong Panjalu sendiri sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat luas. Kawasan yang merupakan cagar alam ini memiliki keunikan potensi alam dan khazanah budaya serta sejarah yang sangat istimewa. Situ Lengkong Panjalu sejak lama dikenal sebagai tujuan wisata religi, yakni tempat berziarah ke makam para leluhur.

    Dengan membayar biaya Rp. 50.000 per orang, selama 1 jam peserta akan diajak mengelilingi pulau Nusa Gede yang berada di tengah Situ Lengkong Panjalu. Biaya tersebut sudah mencakup safety equipment, instruktur, dan tea & coffee break selama trip. Peserta akan menikmati pesona cagar alam yang indah ini, dan merasakan pengalaman yang amat berbeda.

    Sebelum ‘bermain’ semua peserta trip akan mengikuti briefing atau pengarahan selama sekitar 15 menit. Pengarahan ini berisi teori maupun praktek, meliputi pengenalan alat, teknik keselamatan dan apa yang harus dilakukan, maupun tidak boleh dilakukan, selama beraktivitas di area cagar alam Situ Lengkong.

    Tidak terdapat ketentuan khusus bagi pengunjung yang berminat mengikuti kayaking di Situ Lengkong. Syarat yang paling utama adalah berada dalam kondisi sehat. Peserta bahkan tidak wajib bisa berenang, karena kayak yang digunakan tergolong kayak rekreasional.

    “Kayak tipe ini lebih mudah penggunaannya, tidak sesulit kayak profesional, dijamin mudah diseimbangkan,” ungkap Iwan Wahyudi, pengelola Kancra Kayaking kepada CIAMIS.info. Selain itu, imbuhnya, setiap peserta akan diberi jaket keselamatan yang wajib dikenakan selama mengikuti kegiatan.

    Perjalanan para peserta trip akan melewati spot-spot indah yang sayang jika dilewatkan tanpa dokumentasi. Apalagi saat ini kebutuhan konten untuk media sosial tergolong tinggi dan bahkan dianggap wajib ada bagi para pelancong. Menjawab kebutuhan ini, Kancra Kayaking tidak menawarkan jasa pemotretan secara khusus, tetapi setiap instruktur akan membantu mengambilkan foto untuk para peserta. Selain itu, instruktur akan membawa dry bag atau tas anti air untuk menyimpan ponsel, kamera atau bawaan lainnya milik peserta.

    Peserta kayaking di Situ Panjalu terbuka untuk semua kalangan dan usia, sejauh sudah dapat memenuhi kelayakan yang dicermati oleh pengelola. Tak heran, terdapat peserta dari usia anak-anak, remaja, maupun dewasa yang menikmati asyiknya aktivitas yang menyehatkan dan menyegarkan pikiran ini.

    Saat ini Kancra Kayaking didukung 12 unit perahu yang terdiri atas 10 single seater dan 2 double seater. Pengelola berencana akan melakukan penambahan unit untuk meningkatkan pelayanan bagi para pengunjung.

    Tertarik menjajal asyiknya kayaking di Situ Lengkong Panjalu? Danau yang merupkan cagar alam ini tak terlalu jauh dijangkau dari ibukota Jakarta maupun Kota Bandung, sehingga sangat layak diagendakan sebagai tujuan kunjungan wisata pribadi, event komunitas atau liburan keluarga. Peminat dapat menghubungi pengelola Kancra Kayaking melalui nomor 0812-2046-846.

    Kontributor: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi