• FYI

    02 April 2021

    Tempuh 8 Kilometer dengan Arung Jeram, Prajurit Kodim 0613 Ciamis Cek Kondisi Sungai Citanduy


    Menindaklanjuti petunjuk komando atas, yakni dari Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar, untuk mengecek kondisi sungai di wilayah masing-masing, para prajurit TNI AD dari Kodim 0613/Ciamis melaksanakan penyusuran Sungai Citanduy pada hari Kamis (1/4/2021).

    Kegiatan yang dikemas dalam bentuk olahraga arung jeram (rafting) tersebut menempuh jarak lebih kurang 8 kilometer, dengan titik start di Desa Ciharalang, dan berakhir di lokasi Obyek Wisata Ciung Wanara, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

    Kegiatan penyusuran Sungai Citanduy yang dilakukan para prajurit Kodim 0613/Ciamis tersebut dilakukan bersinergi dengan BPBD Kabupaten Ciamis, Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, PDAM Tirta Galuh Ciamis dan para mahasiswa Universitas Galuh. Giata arung jeram ini sekaligus dimaksudkan dalam rangka untuk mengamati kawasan sungai yang merupakan bagian dari wilayah teritorial Kodim Ciamis.

    Komandan Kodim 0613 Ciamis, Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., mengungkapkan, sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini maka Kodim 0613/Ciamis akan melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. Selain itu, akan diadakan pula kegiatan pembersihan sampah di daerah-daerah bantaran Sungai Citanduy.⁣

    “Semoga sosialisasi ini dapat menumbuhkan kesadaran warga untuk peduli terhadap lingkungan, khususnya di wilayah bantaran sungai Citanduy, sehingga tidak ada sampah yang menumpuk di sungai, dan mencegah terjadinya bencana alam banjir," tutur Dandim.⁣

    Ia juga menegaskan bahwa kegiatan arung jeram dan sekaligus pengamatan kondisi Sungai Citanduy adalah bentuk kepedulian pada lingkungan.

    “Kita cinta alam, insya Allah alam akan menjaga kita," tandasnya.⁣

    Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama, Kodim 0613/Ciamis yang bekerjasama dengan PDAM Tirta Galuh Ciamis membagikan paket sembako kepada warga di sekitaran bantaran sungai Citanduy. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di tengah masa pandemi Covid-19.⁣

    Kegiatan pembagian paket sembako tersebut diikuti langsung oleh Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis, Kabid Sosial Dinsos Kabupaten Ciamis, Kasdim 0613/Ciamis Mayor Arh Wilde Pangalerang, dan para Pasi serta Danramil di wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis, khususnya di Kabupaten Ciamis.

    Sumber: @kodimciamis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi