• FYI

    28 Mei 2021

    Tunjukkan Pembelaan, Warga Muslim Ciamis Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina


    Masyarakat muslim Ciamis yang berasal dari berbagai unsur organisasi, komunitas dan perorangan, melakukan aksi solidaritas untuk rakyat Palestina, Jumat (28/5/2021), bertempat di Alun-alun Ciamis dan beberapa kawasan kota Ciamis. Aksi ini dikoordinir oleh Forum Solidaritas Muslim Ciamis Untuk Palestina dan berlangsung mulai pukul 13.00 hingga 14.30 WIB.

    Massa yang berasal dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Ciamis sudah mulai berkumpul setelah waktu salat Jumat dan kemudian dikondisikan di jalur tengah Alun-alun Ciamis.

    Aksi solidaritas diisi dengan zikir, doa bersama, orasi kemanusiaan dan penggalangan dana. Beberapa tokoh ulama Ciamis dan pimpinan pondok dan turut menyampaikan orasi untuk menggugah kepedulian masyarakat pada nasib bangsa Palestina. Tampak hadir di antara mereka, K.H. Nonop Hanapi, pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda II, Bayasari, Ciamis.

    Sebelum digelarnya aksi solidaritas ini telah sempat diadakan koordinasi untuk menyesuaikan aksi dengan pencegahan penyebaran mata rantai pandemi Covid-19 yang masih terus terjadi. Menyikapi keadaan ini, pihak berwenang terus menyosialisasikan pelaksanaan protokol kesehatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

    Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., bersama Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., turun langsung ke lapangan untuk ikut menjaga kelangsungan acara agar berlangsung tertib dan kondusif. Tak lupa keduanya membagian masker kepada para peserta aksi, untuk mengingatkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

    Setelah melakukan kegiatan di Alun-alun Ciamis, para peserta aksi bergerak ke depan Gedung DPRD Kabupaten Ciamis dan kemudian melakukan long march menyusuri jalan di kota Ciamis, berbelok di perempatan Lokasana, memasuki Jalan Jenderal Sudirman dan kemudian mengakhiri aksi di depan Pendopo Kabupaten Ciamis.

    Aksi solidaritas warga Ciamis terhadap bangsa Palestina digelar untuk menyikapi penderitaan yang dialami negeri muslim tersebut setelah dibombardir oleh tentara zionis Israel beberapa waktu yang lalu. Meski telah diadakan gencatan senjata, kondisi rakyat Palestina sangat membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat dunia, sebab sudah puluhan tahun berada di dalam penjajahan dan belum memperoleh kemerdekaan penuh.

    Kegiatan aksi solidaritas muslim Ciamis untuk Palestina berlangsung lancar dan tidak dilaporkan terjadi hal-hal yang menjadi gangguan keamanan maupun ketertiban umum. Selama pelaksanaan aksi di jalan, pihak berwenang melakukan pengamanan dan rekayasa lalu lintas yang dibutuhkan. Setelah aksi selesai dilaksanakan, para peserta membubarkan diri dan kembali ke lokasi asal masing-masing.

    Penulis: @ciamisnulis
    Foto: @kodimciamis
    Editor: @ciamisinfo

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi