• FYI

    14 Juni 2021

    Penantian Jadi Kenyataan, Aspal Hotmix Lintasi Desa Padaringan


    Warga Desa Padaringan, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, dalam beberapa hari ini mulai menikmati pemandangan baru yang sudah lama dinanti-nanti. Jalan hotmix mulus sudah terbentang melintasi kawasan tersebut, dan penantian yang sudah berlangsung sekian lama akhirnya berakhir sudah.

    Jauh sebelum realisasi pengaspalan ini, kondisi jalan yang rusak, berlubang-lubang dan dinilai tidak layak, sempat memicu terjadinya aksi keprihatinan yang viral di dunia maya pada tahun 2019. Bentuk protes diungkapkan warga setempat dengan berbagai cara, hingga munculnya pose ‘gadis mandi di jalan’ yang kemudian viral dan menarik perhatian secara nasional.

    Kini, jalan yang asalnya tidak memadai sebagai urat nadi penghubung mobilitas warga tersebut, apalagi jika di musim hujan, telah mendapat pengaspalan hingga mulus dan nyaman untuk digunakan. Permintaan peningkatan kualitas jalan ini sudah kerap diungkapkan warga dan dirasakan sangat mendesak. Pengaspalan dinilai akan berdampak signifikan pada lalu lintas warga, yang diharapkan pada gilirannya akan berdampak pada perkembangan ekonomi dan kesejahteraan kawasan.

    Rendy, salah satu warga Purwadadi, termasuk yang menyambut gembira atas pengaspalan ini. Ia mengetahui proses menuju pengaspalan ini sudah dimulai pada bulan puasa yang lalu, tetapi pengerjaannya dimulai pada minggu lalu.

    “Jalan ini yang dulu sempat ramai di facebook, jalur Puloerang-Padaringan,” ungkapnya pada CIAMIS.info, Senin (14/6/2021).

    Ia menambahkan, sepengetahuannya pengaspalan nantinya akan mencapai Desa Sukamulya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis. Jika pengaspalan sudah mencapai lokasi tersebut, maka jalan yang masih ‘tersisa’ dan menunggu pengaspalan, berada di kawasan Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi. Sementara itu, jalan menuju ke tempat asalnya di Bantardawa sudah relatif lancar, meskipun masih lebih memilih lewat jalur Banjar-Pangandaran. Ia menilai jalan-jalan yang berbatasan dengan wilayah tetangga membutuhkan perhatian.

    Ia berharap nantinya kualitas jalan di kawasan Purwadadi akan sama, sebab saat ini masih ada perbedaan di beberapa kawasan dengan kawasan lainnya. Sebagian sudah ditingkatkan menjadi hotmix yang mulus, tetapi masih ada yang berupa aspal biasa dan jalan cor.

    Keinginan warga, sebagaimana yang diungkapkan Rendy, merupakan catatan yang telah lama masuk ke dalam perencanaan pemerintah daerah. Dalam sebuah tanggapan, Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya sempat menegaskan bahwa peningkatan kualitas jalan merupakan prioritas yang sangat diutamakan.

    Namun demikian, semua membutuhkan perencanaan, persiapan dan daya dukung yang mencukupi untuk mewujudkannya, terlebih lagi Ciamis memiliki wilayah yang tergolong luas.

    Kontributor: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi