• FYI

    15 September 2021

    Geliat Semangat PSHT Cabang Ciamis, Tetap Tumbuh dan Berkembang Memajukan Pencak Silat


    Seni bela diri pencak silat terus tumbuh dan berkembang di Tatar Galuh Ciamis, meski hampir semua cabang olahraga sedikit banyak telah terdampak oleh adanya pandemi. Rutinitas latihan pun terus berjalan di berbagai tempat, dengan jumlah murid yang tetap bertambah setiap tahunnya.

    Perkembangan menggembirakan ini tampak di antaranya pada perguruan silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati Tarate) Cabang Ciamis, yang telah dirintis sejak tahun 2010. Kini, PSHT Cabang Ciamis telah memiliki ranting di berbagai kecamatan, meliputi Rajadesa, Pamarican, Banjarsari, Purwadadi, dan Lakbok.

    Khusus di Ranting Lakbok, perguruan tersebut kini sudah mengelola tempat-tempat latihan yang dikelompokkan ke dalam Sub Rayon Desa Tambakerja, Sub Rayon Desa Sukanagara, Sub Rayon Kalapasawit, Sub Rayon VIP Mambaus Solihin, Sub Rayon Desa Sidaharja, Sub Rayon Dusun Cibodas, Sub Rayon Balai Desa Cintajaya, Sub Rayon SDN 2 Cintajaya, Sub Rayon Desa Kertajaya, Sub Rayon SMAN 1 Lakbok, dan Sub Rayon SMPN 2 Lakbok.


    Jadwal latihan PSHT Ranting Lakbok disesuaikan dengan kondisi dan kesiapan pelatih, murid-muri dan lokasi yang digunakan. Latihan di SMPN 2 Lakbok, misalnya, dilaksanakan setiap hari Kamis, Sabtu dan Minggu seusai zuhur, di bawah bimbingan pelatih Ari. Sementara di SMAN 1 Lakbok berlangsung pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, semuanya sore hari, di bawah bimbingan pelatih Wahyu. Latihan gabungan juga kerap dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelatihan, serta menambah tali silaturahmi dan persaudaraan di antara keluarga besar PSHT.

    Saat ini tercatat 26 orang murid PSHT yang berasal dari siswa SMPN 2 Lakbok, dan 15 orang di antaranya dinyatakan sudah lulus. Sementara itu, terdapat siswa dari SMAN 1 Lakbok yang 8 orang di antaranya sudah disahkan sebagai murid PSHT.


    Selain terus giat berlatih di sub rayon masing-masing, terdapat pula berbagai kesempatan bagi para murid untuk mengikuti ajang pencak silat di berbagai tingkatan. Sebagai contoh, terdapat anggota PSHT dari Ranting Pamarican yang telah berpartisipasi di dalam acara IPPBMM (Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa) PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) se-Jawa dan Madura, yang merupakan event lomba antar mahasiswa perguruan tinggi Islam se-Jawa dan Madura, dan pada tahun 2021 ini bertempat di UIN Yogyakarta.

    Penulis: @ciamisnulis
    Foto: @psht_cabang_ciamis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi