• FYI

    13 September 2021

    Keindahan Curug Jambe, Potensi Wisata Alam di Desa Cigayam, Banjaranyar


    Kabupaten Ciamis dikenal memiliki potensi banyak lokasi untuk berwisata alam yang sangat layak untuk dikunjungi. Sebagiannya sudah cukup terkenal dan sering diperbincangkan publik, tetapi beberapa lainnya mungkin masih relatif baru dan belum banyak terekspos oleh media.

    Salah satu yang cukup menarik perhatian untuk dikunjungi adalah Curug Jambe yang terletak di RT 06 RW 03 Dusun Sukadana, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Meski tidak terlalu tinggi, curug (air terjun) tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan lokasinya cocok untuk sekadar ngadem, refreshing, mengadakan sesi pemotretan, atau sekadar selfie saja.

    Kecamatan Banjaranyar yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Banjarsari, dalam beberapa waktu terakhir sebelum munculnya pandemi, cukup mendapat perhatian karena memiliki berbagai potensi wisata yang menarik, seperti air terjun dan kampung madu.


    Kini, Curug Jambe mulai diperbincangkan karena eksplorasi warga sudah mulai tampak bermunculan, terutama di dunia maya. Berbagai hasil karya fotografi yang diambil dari lokasi tersebut menyedot perhatian, terutama karena berasal dari lokasi yang belum banyak diungkap sebelumnya. Sebagaimana lazimnya, hal tersebut mengundang rasa penasaran warga untuk mengunjunginya.

    Curug Jambe dapat ditempuh sekitar satu setengah jam dari pusat kota Ciamis. Ada dua jalur yang dapat diambil untuk menuju lokasi tersebut, yakni melalui jalur Sukanagara jika cuaca cerah dan mendukung, atau melewati kawasan Pasirgintung jika cuaca sedang hujan.

    Selepas menyimpan kendaraan di Dusun Sukadana, pengunjung dapat mencapai lokasi dengan berjalan hanya sekitar lima menit saja. Tersedia lokasi untuk menyimpan motor yang dikelola oleh masyarakat setempat.


    Sebagai obyek wisata yang masih baru dan relatif alami apa adanya, Curug Jambe masih harus terus berbenah jika akan dikelola secara lebih serius oleh masyarakat setempat. Hingga tulisan ini diterbitkan, belum terdapat fasilitas pendukung berupa kamar mandi maupun musala untuk keperluan pengunjung. Namun demikian, Curug Jambe sudah terdaftar dalam Data Potensi Wisata yang dirilis oleh Dinas Pariwisata Ciamis, sebagaimana tercantum dalam laman resminya.

    “Fasilitas pendukung memang belum tersedia, paling baru sebatas parkiran. Belum ada anggarannya,” ujar Rusli, salah seorang warga kepada CIAMIS.info. Ia beserta teman-temannya dari komunitas Banjarsari Phonegraphy sempat mengadakan sesi hunting foto bersama di lokasi tersebut.

    Salah satu hal yang patut diapresiasi adalah kehadiran komunitas fotografi yang sangat banyak berjasa dalam mengangkat potensi daerah, terutama melalui media sosial. Beberapa obyek wisata yang relatif terpencil sekalipun di Tatar Galuh Ciamis kini menjadi lebih dikenal dan dijadikan tujuan kunjungan para penyuka alam bebas.

    Penulis: @ciamisnulis
    Foto: @heruarbangi
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi