• FYI

    12 September 2021

    Kwarcab Ciamis Gelar Inaugurasi dan Upgrading Pramuka Garuda Tahun 2021


    Sebanyak 114 anggota pramuka yang telah memenuhi syarat untuk meraih tingkatan tertinggi dikukuhkan secara resmi sebagai Pramuka Garuda oleh Waka Binawasa Kwarcab Ciamis Dr. H. Wawan SF Arifien, Sabtu (11/9/2021) bertempat di Aula Dasa Darma Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis.

    Pengukuhan tersebut dilaksanakan dalam acara khusus bertajuk “Inaugurasi dan Upgrading Pramuka Garuda Ciamis Tahun 2021”, yang selain dihadiri oleh para Pramuka Garuda yang dilantik, juga turut mengundang Purna Pramuka Garuda dari angkatan 2014 sampai angkatan 2020.

    Waka Binawasa Kwarcab Ciamis Dr. H. Wawan SF Arifien dalam sambutannya mengajak para anggota Pramuka Garuda untuk mengedepankan keteladanan.

    “Pramuka harus mampu menunjukan kebermanfaatan bagi lingkungannya, dan menggelorakan langkah selanjutnya untuk menjadi teladan, baik teladan bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkunganya,” tuturnya.


    Sebagai informasi, Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan pramuka, baik siaga, penggalang, penegak, maupun pandega. Setiap anggota pramuka yang ingin meraih kedudukan pramuka garuda harus memenuhi berbagai persyaratan dan ujian terlebih dahulu sebelum dinyatakan layak dan lulus menjadi Pramuka Garuda.

    Berbagai aspek dan ketentuan mengenai Pramuka Garuda tersebut diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.


    Kegiatan pengukuhan Pramuka Garuda dan upgrading yang dilaksanakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis berlangsung baik dan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Upgrading diisi kegiatan dinamika kelompok yang melibatkan semua golongan, dengan mengedepankan sikap pramuka penegak kepada siaga. Selain itu, disampaikan materi dan arahan kepada para pembina pramuka, terkait dengan "Project Pramuka Teladan 2021" yang disampaikan oleh Waka Binamuda Kwarcab Ciamis Fdj. Indra Kurniawan, S.Pd.I.

    Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan uji bakat yang menampilkan berbagai potensi terbaik dari para Pramuka Garuda Ciamis. Unjuk bakat di antaranya menampilkan pembacaan puisi, dongeng "Ciung Wanara", paduan suara, dan pupuh.


    Kegiatan ini diharapkan menjadi dorongan motivasi bagi para anggota gerakan pramuka di Kabupaten Ciamis untuk tertarik menjadi Pramuka Garuda berikutnya di masa depan. Setiap anggota pramuka juga diajak untuk terus bersemangat untuk belajar lebih baik lagi, sesuai dengan motto "Setia-Siap-Sedia".

    Kontributor: @sitijubaedah0907
    Foto: @kitri.fotografi
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi