• FYI

    08 September 2021

    Mantap, Desa Panjalu Raih Peringkat ke-6 IDM (Indeks Desa Membangun) Teratas se-Indonesia!


    Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, meraih prestasi istimewa dan mengesankan dengan menempati peringkat ke-6 peraih IDM (Indeks Desa Membangun) tertinggi di tingkat nasional. Desa yang dikenal memiliki keindahan alam dan kekayaan potensi sosial budaya tersebut termasuk ke dalam 10 besar desa ber-IDM tertinggi, terpilih dari total 81.616 desa di seluruh Indonesia.

    Desa Panjalu dari Kabupaten Ciamis (peringkat 6) dan Desa Pondok Udik dari Kabupaten Bogor (peringkat 8) adalah dua desa dari Provinsi Jawa Barat yang mampu masuk di puncak 10 besar tingkat nasional. Sementara itu, IDM tertinggi tahun ini diraih oleh Desa Oro-oro Ombo dari Kota Batu, Jawa Timur.

    Desa Panjalu yang berada di kawasan Ciamis utara dan terkenal akan keindahan Situ Lengkong serta prosesi adat tahunan ‘Nyangku’ ini berhasil meraih skor 0,9848, demikian sebagaimana dirilis oleh Ditjen PDP (Pembangunan Desa dan Perdesaan) Kemendes RI, Jumat (3/9/2021).

    IDM merupakan indeks komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan. IDM menggambarkan perkembangan kemandirian desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa yang dicapai dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa.


    Merujuk pada laman resmi Kemendesa, indeks ini didasarkan pada konsep bahwa untuk menuju desa maju dan mandiri diperlukan kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan untuk mensejahterakan kehidupan desa. Kebijakan dan gerak pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat, harus mampu mewujudkan pemerataan dan keadilan yang didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan.

    Desa Panjalu yang memiliki moto “Ngawangun Panjalu Babarengan” sebelumnya telah dinyatakan sebagai peringkat pertama IDM di tingkat Kabupaten Ciamis, pada acara Deklarasi IDM Kabupaten Ciamis Tahun 2021, sebagaimana dilansir situs resmi Pemkab Ciamis (24/5/2021). Giat tersebut dihadiri Wakil Gubernur Jabar dan Bupati Ciamis dan jajaran terkait.

    Kepala Desa Panjalu H. Yuyus Adinegara pada kesempatan itu menyebut, keberhasilan desanya adalah karena telah berhasil mencapai 3 indeks yang menjadi indikator IDM. Desanya berhasil meraih skor 0,9848 di tahun 2021 atau 0,1073 naik dari tahun sebelumnya. Salah satu kunci keberhasilan tersebut yaitu memaksimalkan potensi desa, sehingga mampu meraih PAD untuk pembangunan Desa Panjalu.

    Kontributor: @rikiyakubfirdaus
    Foto: @cepyavey
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi