• FYI

    20 Oktober 2021

    Pemprov Jawa Barat Sosialisasikan SELAMAT, Panduan Keselamatan Kegiatan di Alam Terbuka


    Musibah tenggelamnya para siswa MTs Harapan Baru pada saat kegiatan susur sungai di Leuwi Ili, Sungai Cileueur, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jumat (15/10/2021) yang lalu, yang mengakibatkan 11 siswa/siswi meninggal, disikapi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan merilis Panduan Keselamatan Kegiatan Alam Terbuka melalui BPBD Provinsi Jawa Barat.

    Panduan tersebut merupakan tindak lanjut atas arahan Gubernur Jawa Barat mengenai penyusunan Standar Operasi dan Prosedur (SOP) atau Pedoman Keselamatan Kegiatan Alam Terbuka bagi masyarakat dan komunitas di Jawa Barat, dan tertuang dalam Surat Edaran Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat Nomor 2693/PB.01.01/BPBD tertanggal 18 Oktober 2021.

    Surat edaran tentang Panduan Keselamatan Kegiatan di Alam Terbuka tersebut ditujukan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat, selaku Kepala BPBD Kabupaten/Kota, agar disampaikan kepada instansi terkait yang ada di lingkup Kabupaten/Kota masing-masing.

    Mengutip rilis BPBD Jabar, terdapat 7 (tujuh) poin yang terdapat pada Panduan Keselamatan Kegiatan Alam Terbuka, yang disingkat dengan "SELAMAT", meliputi: 
    • S (Sumber Daya Manusia yang punya kompetensi, ilmu, keterampilan, sikap dan perilaku yang dibutuhkan dalam kegiatan alam terbuka)
    • E (Energi dan fisik yang terjaga)
    • L (Lokasi kegiatan dipahami secara baik, baik secara fisik, non fisik, termasuk adanya perubahan akibat cuaca)
    • A (Alat dan sarana prasarana yang berkualitas dan memadai)
    • M (Manajemen yang terencana dengan matang)
    • A (Alam yang dijaga dan dilestarikan), dan 
    • T (Terapkan prosedur operasi standar yang berlaku lokal dan global).

    Poin-poin tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Dani Ramdan M.T., pada saat pelaksanaan zoom meeting dengan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Humas Jabar, Kepala Kantor SAR Bandung, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Forum Kebencanaan, dan unsur media pada hari Senin (18/10/2021).

    Kontributor: @uya_mhmd
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi