• FYI

    22 Oktober 2021

    Pohon Tumbang Timpa Toyota Kijang, Damkar Ciamis Respon Cepat Turun Tangan


    Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis melaksanakan evakuasi terhadap pohon tumbang yang menimpa satu unit kendaraan roda empat jenis toyota kijang bernomor polisi Z 1892 WY di Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 21 Ciamis, tepatnya di depan Kantor Cabang Pembantu Bank Mandiri Ciamis, Jumat (22/10/2021) pukul 14.35 WIB.

    Kejadian yang cukup menjadi perhatian masyarakat ini bermula dari turunnya hujan deras yang disertai angin kencang di wilayah kota Ciamis, dan menyebabkan sebuah pohon berukuran cukup besar yang terletak di pinggir jalan nasional tersebut tumbang.

    Satu unit mobil toyota kijang yang sedang diparkir di pinggir jalan oleh pemiliknya, H. Cece, seorang warga Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, yang juga sekaligus merupakan karyawan Bank Mandiri, tertimpa oleh pohon yang tumbang ini.


    Pohon tersebut menurut keterangan seorang warga memang sudah agak doyong, dan diduga kondisinya sudah rapuh atau tidak kuat lagi menahan beban, terlebih jika daun-daunnya basah oleh hujan atau ditiup angin kencang.

    Tidak dilaporkan adanya korban manusia dalam kejadian ini, namun tak urung bagian belakang kendaraan H. Cece mengalami kerusakan akibat hantaman batang pohon yang ukurannya cukup besar.

    Petugas Damkar Ciamis segera berangkat ke lokasi kejadian, dengan response time 3 menit sejak laporan masuk, dan segera melakukan penanganan bersama pihak-pihak terkait yang berada di lapangan, yakni terdiri atas unsur-unsur BPBD, Tagana, Kepolisian, Dishub Ciamis, dan DPRKPLH Kabupaten Ciamis.


    Bagian dahan, ranting dan dedaunan dari pohon yang tumbang sempat menutupi sebagian badan jalan, sehingga menimbulkan kemacetan lalu-lintas. Namun, segera setelah bagian-bagian pohon tersebut dipotong dengan bantuan gergaji mesin dan kemudian dievakuasi, kondisi lalu-lintas jalan tersebut berangsur normal kembali.

    Pohon yang tumbang dinyatakan berhasil dievakuasi pada pukul 16.32 WIB dan sisa materialnya dibersihkan dengan cara disemprot menggunakan air dari unit pancar Damkar Kabupaten Ciamis.

    Damkar Kabupaten Ciamis pada giat evakuasi pohon tumbang ini menurunkan 3 orang petugas piket dan 2 petugas siaga, dengan menggunakan satu unit kendaraan pancar bernopol Z 9920 V, serta memakai gergaji mesin di lapangan. Setelah berhasil melakukan evakuasi dan pembersihan material, serta kondisi dinilai sudah normal kembali, maka petugas kembali ke Mako Damkar Ciamis.

    Sumber: @damkarkab.ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi