• FYI

    23 Oktober 2021

    Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman, 14 Volunteer Jaber Zillenial Ciamis Mengajar Anak-anak Yayasan Yatim Piatu


    Sebanyak 14 orang volunteer (relawan) mengikuti kegiatan mengajar bertajuk “Hayu Diajar Bumi Pasundan” yang diselenggarakan oleh Jabar Bergerak Zillenial (JBZ) di Yayasan Yatim Piatu Qadarullah Al-Barokah, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan serupa yang dilaksanakan di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

    Selama 3 hari, yang dimulai pada hari Jumat (22/10/2021), keempat belas volunteer tersebut mendekatkan diri dengan anak-anak didik yayasan dan berbagi pengetahuan melalui aktivitas belajar dan bermain bersama.

    Yusi Nursyamsiah, salah seorang volunteer yang juga masih berstatus sebagai mahasiswi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, mengungkapkan rasa senangnya telah menjadi bagian dari kegiatan positif tersebut.

    “Menyenangkan, apalagi kegiatannya kan 3 hari. Motivasi kami adalah karena ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan anak-anak, khususnya di daerah Ciamis. Selain itu, kami juga ingin berusaha untuk memeratakan pendidikan,” tuturnya pada CIAMIS.info.

    Ia berpendapat, saat ini pendidikan masih belum merata. Menurutnya, masih banyak anak-anak kurang mampu yang belum mendapatkan pendidikan dengan layak. Atas dasar pemikiran tersebut, ia dan kawan-kawannya tergerak untuk ikut bergabung bersama Jabar Bergerak Zillenial untuk mengajar di yayasan yang menjadi lokasi kegiatan.

    Bersama Yusi terdapat pula para relawan lain yang semuanya masih berasal dari Kabupaten Ciamis, di antaranya datang dari daerah Cipaku, Kawali, Baregbeg, Banjarsari, Sindangkasih, dan lain-lain. Semua volunteer tersebut melaksanakan kegiatan di satu tempat pada tiga hari tersebut. Sebagian memilih menginap di lokasi, sedangkan yang lainnya tidak.

    Beragam aktivitas mengajar lebih difokuskan pada penanaman karakter anak-anak. Materi yang diajarkan meliputi pengenalan profesi, cita-cita, jelajah bahasa (Bahasa Inggris dan Basa Sunda), kisah Indonesia, self awareness, dan dilengkapi juga dengan permainan tradisional.

    Mengutip unggahan pada akun resmi Jaber Zillenial, untuk dapat bergabung menjadi volunteer kegiatan "Hayu Diajar Bumi Pasundan" ini seorang calon peserta harus memenuhi beberapa kriteria: laki-laki berusia 17-22 tahun, berdomisili di Jawa Barat, memiliki jiwa kepemimpinan dan kepedulian pada sesama khususnya di bidang pendidikan, memiliki keinginan untuk belajar, bersedia menyumbang sejumlah buku bacaan anak dan alat tulis, dan siap mengikuti seluruh alur kegiatan.

    Kontributor: @yusinursyamsiah_
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi