• FYI

    12 November 2021

    Dam Gintung, Wisata Alam Ciamis dengan Kejernihan Aliran Sungai di Kaki Gunung Sawal


    Wisata Alam Dam Gintung semakin mendapat perhatian masyarakat, seiring dengan peningkatan fasilitas dan pengelolaan yang terus dilakukan oleh pihak pengelola. Obyek wisata tersebut terletak di Dusun Cikujang Girang, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

    Penyebutan Dam Gintung tidak terlepas dari keberadaan dam yang merupakan bagian dari pengelolaan aliran air Sungai Cibaruyan yang melalui lokasi tersebut. Aliran air sungai yang berasal dari Gunung Sawal tersebut masih sangat murni, alami dan jernih, dengan suasana yang tenang dan sejuk menyegarkan.

    Pengunjung yang datang ke Dam Gintung hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 untuk dapat menikmati suasana lokasi ini. Tak hanya dapat menikmati hijaunya persawahan dan kebun sayuran, atau suasana alam pedesaan, pengunjung juga dapat berenang di tengah-tengah jernih dan sejuknya aliran air sungai. Terdapat pula fasilitas arung jeram dan river tubing yang menyenangkan, dengan panduan dan pendampingan dari pihak pengelola untuk menjamin keselamatan dan keamanannya.

    Wisata Alam Dam Gintung juga menyediakan banyak spot untuk berswafoto maupun lokasi untuk mengadakan sesi pemotretan untuk kebutuhan khusus yang bernuansa alam. Eksplorasi ke arah ini masih sangat terbuka untuk diadakan, dengan tetap menjaga kelestarian alam.


    Selain terdapat aliran sungai yang jernih dan bersih, dengan batuan sungai yang menambah indah pemandangan, di lokasi Dam Gintung juga terdapat sebuah cekungan seperti gua di dalam pohon, yang disakralkan oleh sesepuh setempat, dan konon merupakan ‘tempat istirahat’.

    Pengunjung tidak usah khawatir mengenai jalan yang harus ditempuh untuk menuju lokasi Wisata Alam Dam Gintung, sebab destinasi ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Pengelola objek Wisata Dam Gintung juga telah menyediakan tempat parkir khusus untuk kendaraan pengunjung.

    Selain itu, di lokasi ini terdapat pula warung yang menyediakan minuman dan makanan khas dari Desa Sukamaju. Pengunjung tidak usah khawatir kerepotan mencari kuliner pengganjal perut pada saat menikmati keelokan dan kesejukan suasana Dam Gintung.

    Objek wisata Dam Gintung dikelola oleh Paguyuban Karomah Wali-Tubuh dan Karang Taruna Cikujang Girang. Masyarakat dapat mengakses informasi terkait destinasi wisata alam ini dengan melihat akun @wisataalam_damgintung di instagram.

    Kontributor: KKN Tematik Unigal 2021 Desa Sukamaju
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi