• FYI

    11 November 2021

    Latih Seni Kerajinan Anyaman untuk Berdayakan Masyarakat, Kelompok Ekraf Desa Sukamaju Gandeng Mahasiswa KKN-T Unigal


    Kelompok warga penerima manfaat PKH (Program Keluarga Harapan) mengikuti kegiatan Pelatihan Seni Kerajinan Anyaman yang dilaksanakan pada hari Sabtu (6/11/2021), bertempat Dusun Cikujang Hilir, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

    Pelatihan yang ditujukan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat tersebut dilaksanakan oleh Kelompok Ekonomi Kreatif Desa Sukamaju, yang lebih dikenal sebagai Kelompok Ekonomi Masyarakat Cibaruyan, bekerjasama dengan mahasiswa KKN Tematik Universitas Galuh.

    Pelatihan ini menghadirkan Ibu Ai dan Ibu Ee, dua orang pengrajin di Desa Sukamaju, untuk mengajari para peserta cara membuat beberapa jenis anyaman, dengan menggunakan bahan baku di antaranya berasal dari daun mendong dan daun eceng gondok.

    Para peserta diharapkan selepas pelatihan nantinya akan menjadi lebih produktif, sebab telah memiliki kemampuan menganyam yang dapat menghasilkan berbagai produk bernilai ekonomi.

    “Walaupun bukan menjadi penghasilan utama, tapi menganyam bisa mendatangkan tambahan penghasilan, terutama bagi kalangan ibu rumah tangga. Selain bisa dilakukan di manapun, aktivitas ini bisa dikerjakan kapan saja,” tutur Apipudin, Ketua Kelompok Ekonomi Kreatif Cibaruyan Desa Sukamaju.

    Ia menambahkan, kegiatan pelatihan ini pastinya akan terus berlanjut, dan Dusun Cikujang Hilir diharapkan nantinya dapat menjadi pusat seni kerajinan di Desa Sukamaju.


    Nolis, salah satu peserta yang berasal dari masyarakat Dusun Cikujang Hilir menyampaikan rasa terima kasihnya atas penyelenggaraan kegiatan ini.

    “Kami berterima kasih kepada Mahasiswa Universitas Galuh, juga Kelompok Ekonomi Masyarakat Cibaruyan, karena telah bersedia melatih kami,” tuturnya.

    Ia berharap, ke depannya perekonomian masyarakat Desa Sukamaju, terutama di Dusun Cikujang Hilir, dapat menjadi lebih baik, terutama melalui pelaksanaan kegiatan Pelatihan Seni Kerajinan Anyaman yang diinisiasi oleh Kelompok Ekonomi Kreatif Cibaruyan Desa Sukamaju.

    Arinaya, perwakilan mahasiswa KKN Tematik Unigal, menyampaikan harapan bahwa pihaknya dapat ikut berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

    “Semoga mahasiswa dapat membantu pelaksanaan kegiatan ini secara maksimal, terutama karena berkaitan erat dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tidak lupa, kami sampaikan rasa terima kasih karena telah diterima dengan baik di Dusun Cikujang Hilir,” ungkapnya.

    Kontributor: Tim KKN Tematik Unigal Desa Sukamaju
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi