• FYI

    06 Desember 2021

    Mantap! Iqbal, Atlet Dayung Asal Rajadesa, Raih 3 Gelar Juara KASAL Cup Tahun 2021


    Atlet dayung kelahiran Ciamis, Muhammad Iqbal Fauzi, menorehkan prestasi mengesankan pada event KASAL Cup Olahraga Perairan 2021 yang berlangsung pada tanggal 26-28 November 2021, bertempat di beberapa lokasi di Jakarta.

    Turun di 4 kelas berbeda, Iqbal yang berasal dari Rajadesa, Ciamis, dan tergabung dengan tim dayung ISTN Jakarta, meraih Juara 1 Kayak pada nomor Sprint Race 200 meter, Juara 1 Kayak nomor Double Slalom Race 200 meter, dan Juara 3 pada nomor 1 km Technical Race Hardboard Elite.

    Prestasi di tingkat nasional ini menjadi catatan manis tersendiri dalam 4 tahun karir Iqbal menekuni dunia olahraga dayung. KASAL CUP Olahraga Perairan 2021 sendiri mempertandingkan 6 cabang olahraga, yaitu renang perairan terbuka, dayung beregu, selam, ski air, jetski, dan layar. Selain itu, terdapat 2 cabang olahraga eksebisi, yaitu stand up paddle dan kayak. Event ini diikuti oleh 2.033 peserta yang terdiri atas para atlet dari TNI-Polri, maupun peserta umum.

    Iqbal, alumnus SMKN 1 Rajadesa, mengaku mulai menekuni olahraga dayung di kampusnya pada sekitar akhir tahun 2017, saat baru berkuliah di jurusan Teknik Mesin S-1 Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

    Ia mengaku sudah terjun di semua jenis olahraga dayung, dan kerap menjadi peserta kejuaraan dayung di berbagai tempat. Pada tahun 2018 misalnya, ia pernah ikut meraih juara 3 perahu karet R6 di Bekasi, mengikuti penyeberangan Selat Sunda dalam rangka HUT Marinir ke-72, dan meraih juara 2 kayak slalom di Tangerang.


    Kecintaannya pada olahraga air yang satu ini menuntunnya untuk mengikuti berbagai event kejuaraan, di antaranya Kejurnas Arung Jeram tahun 2018 di Tasikmalaya, Kejuaraan Dragonboat di Depok, meraih Juara 2 Internasional World Cup Rafting di Padang, Sumatera Barat, pada tahun 2019, hingga meraih Juara 1 kategori Stand Up Paddle Race 1,5 km dan kategori Stand Up Paddle Marathon 6 km pada gelaran Singapore Canoe Marathon, pada tahun 2020.

    Iqbal mengaku perjuangannya di cabor dayung masih panjang, dan berharap dapat meraih prestasi lebih baik lagi di masa mendatang. Ia juga ingin ikut lebih mempopulerkan olahraga dayung di Kabupaten Ciamis. Terlebih, potensi wilayah Kabupaten Ciamis sebenarnya dirasa cukup mendukung untuk menjadi lokasi pengembangan olahraga tersebut dan dapat pula dikaitkan dengan dunia pariwisata.

    “Selain dapat menjadi olahraga prestasi, olahraga dayung ini bisa untuk adventure menjelajahi dunia air, atau menjadi olahraga pariwisata,” tuturnya.

    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi