• FYI

    30 Januari 2022

    Ajak Maksimalkan Potensi Daerah, Bupati Herdiat dan Petani Kalijaya Tanam Ratusan Bibit Durian


    Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya melakukan penanaman pohon durian di Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, pada hari Minggu (30/1/2022). Kegiatan tersebut bersamaan dengan kunjungan Bupati Ciamis dalam rangka membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Mekar Jaya yang beranggotakan para petani setempat. Koperasi tersebut berdiri atas rintisan Serikat Petani Pasundan (SPP) dan kini sudah mengelola dana milyaran rupiah sejak pembentukannya dua tahun yang lalu.

    Bupati Herdiat mengajak semua pihak untuk memaksimalkan potensi pertanian dan perkebunan di wilayah Kabupaten Ciamis. Upaya tersebut harus terus dilaksanakan, sebagaimana tercermin di antaranya dengan penanaman ratusan bibit durian yang ditanamnya bersama para petani setempat.

    Kegiatan penanaman bibit durian yang dilaksanakan di lokasi prioritas reforma agraria, terselenggara atas kerjasama Pemerintah Desa Kalijaya, SPP, Koperasi Mekar Jaya, serta berbagai unsur lain.

    Mengutip situs resmi Kominfo RI, reforma agraria secara fundamental memberikan program-program yang dapat menuntaskan masalah kemiskinan masyarakat desa, meningkatkan kesejahteraan dengan kemandirian pangan nasional, meningkatkan produktivitas tanah, memberikan pengakuan hak atas tanah yang dimiliki baik secara pribadi, negara, dan tanah milik umum yang pemanfaatannya untuk memenuhi kepentingan masyarakat.


    Sementara itu, terkait keberadaan Koperasi Mekar Jaya, Bupati Herdiat menyampaikan apresiasi karena memiliki perkembangan yang menggembirakan. Disebutkannya, koperasi ini memiliki jumlah anggota cukup banyak, dan tata kelola yang baik.

    Ke depannya, Bupati berharap Koperasi Mekar Jaya dapat menjaga kredibilitas dengan memiliki tata kelola keuangan yang akuntabel dan transparan, sehingga dapat selalu membangun kepercayaan dari semua pihak, terutama para anggota.

    “Keberadaan Koperasi Mekar Jaya patut diapresiasi, sebab selain memiliki banyak anggota, koperasi ini berperan dalam membantu pengelolaan perkebunan dan meningkatkan perekonomian warga,” tutur Bupati Herdiat.

    Koperasi, imbuh Bupati, patut dicontoh perannya di dalam pembangunan, sebab dengan asas kekeluargaan dan gotong royong terus berjuang untuk menyejahterakan anggotanya.

    Bupati Herdiat juga menyampaikan dukungannya pada upaya peningkatan produktivitas lokasi reforma agraria di Desa Kalijaya, dengan melakukan perbaikan akses jalan yang menuju kawasan penanaman durian.

    Sumber: @herdiat.sunarya
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi