• FYI

    31 Maret 2022

    Diikuti Banyak Peserta dan Berhadiah Domba, 'Gobyag' di Situ Rancamaya Berlangsung Meriah


    Hanya tinggal beberapa saat menjelang datangnya bulan Ramadan, warga masyarakat beramai-ramai datang, tumpah ruah menghadiri acara ‘gobyag’ yang diselenggarakan oleh BUMDES Rancamaya Jaya dan Pemerintah Desa Sukasenang, hari Kamis (31/3/2022).

    Tradisi lokal berupa berupa adu keterampilan menangkap ikan dengan tangan kosong tanpa alat bantu tersebut dilaksanakan di Situ Rancamaya, Desa Sukasenang, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, mulai pukul delapan pagi hingga tengah hari. Tak pelak, ramainya pengunjung, sempat membuat lalu-lintas di sekitar lokasi mengalami kemacetan.

    ‘Gobyag’, menurut keterangan, biasanya diselenggarakan pada setiap musim panen tiba, sebagai wujud rasa syukur karena masyarakat Desa Sukasenang masih terus dapat memanfaatkan air yang melimpah dari Situ Rancamaya.


    Tahun ini, tradisi ini diselenggarakan dengan cukup meriah, seiring melonggarnya penanganan pandemi, dan membaiknya keadaan. Selama terjadinya pandemi, banyak kegiatan yang mengumpulkan banyak warga dilarang untuk menghindarkan semakin tersebarnya virus corona.

    Namun demikian, dalam pengumumannya panitia penyelenggara ‘gobyag’ tetap memasang imbauan protokol kesehatan, bahkan membuka fasilitas vaksinasi Covid-19 selama kegiatan ini berlangsung.

    Para peserta yang ingin mengikuti ‘gobyag’ alias menangkap ikan, membayar tiket sebesar Rp. 25.000 per orang. Mereka lantas turun langsung ke area situ untuk menangkap ikan dengan tangan kosong. Sementara itu, masyarakat yang ingin menonton dapat menyaksikan serunya acara ini secara gratis.

    Jenis ikan yang ditangkap dalam ‘gobyag’, di antaranya nila berukuran besar yang membuat peserta makin bersemangat. “Ikannya besar, pasti mantap untuk dibakar sambil munggahan,” tutur seorang warga.


    Bukan hanya ikannya yang membuat peserta antusias, atau keakraban suasana oleh celetukan dan teriakan sesama peserta, atau riuh-rendah suara warga yang menonton dan menjadi suporter, tetapi juga ada hadiah seekor domba yang disediakan oleh panitia untuk peserta terbaik. Selain itu, ada pula hadiah hiburan lain, seperti dispenser, magicom, dan lain-lain.

    Kegiatan ini diharapkan menjadi kesempatan untuk meningkatkan silaturahmi, di samping juga memberi hiburan bagi masyarakat luas. Adanya event seperti ini juga dapat menjadi atraksi tersendiri yang memancing bertambahnya arus kunjungan ke Situ Rancamaya.

    Foto/video: @awalliyah19, @laksi.ta1206
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi