• FYI

    02 Mei 2022

    Sempat Jeda 2 Tahun, Ribuan Umat Islam Tatar Galuh Kembali Ikuti Salat Id di Alun-alun Ciamis


    Ribuan masyarakat Ciamis menghadiri salat Idul Fitri 1443 H di Alun-alun Ciamis, seiring dengan telah ditetapkannya 1 Syawal jatuh pada hari Senin (2/5/2022) oleh pemerintah. Sejak pagi, warga berdatangan ke lokasi pelaksanaan salat id bersama keluarga masing-masing.

    Warga Tatar Galuh tampak antusias menghadiri salat Id yang dilaksanakan di lapangan terbuka ini, setelah dua tahun sebelumnya kegiatan yang mengumpulkan masyarakat secara terbuka belum diizinkan karena pembatasan terhadap aktivitas yang mengumpulkan banyak orang, terkait penanganan pandemi COVID-19.

    Sebelumnya, pada malam takbiran, masyarakat Tatar Galuh juga terpantau melakukan aktivitas takbir keliling dengan cukup meriah, menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat atau truk yang sudah dilengkapi beduk, maupun perangkat tata suara untuk memeriahkan suasana. Suasana takbiran on the street ini terpantau di berbagai wilayah, didominasi oleh kaum muda.


    Meski sempat turun hujan pada dini harinya, pelaksanaan salat Id di Alun-alun Ciamis berlangsung lancar dan khidmat. Bertindak sebagai imam, Tatang Yusuf Sidiq, sementara khutbah salat Id disampaikan oleh Wakil Ketua MUI Ciamis Saeful Ujun.

    Tampak hadir dalam pelaksanaan salat Id ini, Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, Sekda Ciamis Dr. H. Tatang, unsur Forkopimda, jajaran pemerintahan, dan masyarakat umum.

    Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya memaparkan, kondisi penanganan pandemi COVID-19 di Kabupaten Ciamis terus membaik. Dikatakannya, saat ini tidak lagi terdapat kasus aktif atau warga yang terkonfirmasi positif. Pihaknya berharap kondisi yang sudah melandai ini akan makin membaik ke depannya.


    Ikhtiar yang dilakukan oleh Pemkab Ciamis dalam meminimalisir warga Tatar Galuh yang terdampak pandemi COVID-19, berupa menggencarkan program vaksinasi dan penegakkan prokes untuk menjaga kesehatan masyarakat.

    Hal tersebut dilakukan dengan tetap menjaga keseimbangan sosial, antara lain ekonomi. Salah satu bentuknya, dengan pemberian sembako, dan juga upaya pemulihan ekonomi lainnya.


    “Saat ini capaian vaksinasi dosis 1 mencapai 90%, dosis 2 mencapai 75%, dan booster 11%,” tutur Bupati Herdiat.

    Ia berharap, Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan umat Islam sesudah sebulan penuh berpuasa, juga merupakan tolak ukur kebangkitan masyarakat seusai mengalami pandemi COVID-19.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi