• FYI

    13 Agustus 2022

    Pencurian Motor di Panumbangan Terekam CCTV, Pelaku Nekat Masuk Jendela dan Keluarkan Motor Lewat Pintu Depan


    Masyarakat harus semakin waspada menjaga keamanan harta benda, baik di rumah, lingkungan sekitar, maupun di mana saja, mengingat terjadinya seringnya terjadi tindak kejahatan pencurian akhir-akhir ini.

    Terkait pencurian terhadap kendaraan bermotor, hampir setiap hari kabar mengenai hilangnya kendaraan roda dua diterima oleh CIAMIS.info, dan hal ini membutuhkan perhatian dari semua pihak. Pencegahan paling dini dapat dimulai dengan meningkatkan kewaspadaan pribadi.

    Tindak pencurian juga dapat dilakukan dengan cukup nekat, seperti yang terjadi pada hari Jumat (12/8/2022) pagi yang lalu di kediaman Ence Sopyan, Jl. Raya Panjalu-Panumbangan, tepatnya di RT 18 RW 06 Dusun Paripurna, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

    Kejadian pencurian mulai berlangsung pada pukul 3.37 WIB dan berakhir pada 3.49 WIB. Hanya membutuhkan waktu 12 menit, para pencuri berhasil menggasak satu unit motor Yamaha X-Ride berplat nomor Z 4317 VN yang tersimpan di dalam rumah.


    Pelaku yang berjumlah dua orang awalnya datang dari arah bawah pada pukul 3.37 WIB, lalu melihat situasi di lokasi. Keduanya berbagi tugas, dan salah seorang pelaku berhasil masuk ke dalam rumah dan mengeluarkan motor, setelah sebelumnya mencongkel daun jendela.

    Sementara itu, seorang pelaku lainnya bertugas mengawasi situasi dan berjaga di luar rumah sasaran. Keduanya terekam oleh kamera CCTV tetapi tidak dapat langsung dikenali karena menggunakan tutup kepala dan muka.

    Pemilihan waktu pencurian pada saat menjelang subuh, di mana biasanya sudah mulai ada warga yang bangun dini hari untuk beribadah, menunjukkan bahwa para pelaku sudah nekat untuk melakukan kriminalitas.

    Di sisi lain, besar kemungkinan para pelaku juga sudah melakukan pengamatan terlebih dahulu sebelum melakukan aksi kejahatannya.

    “Iya (nekat), dan sekarang banyak kasus serupa, waktunya pada hampir subuh,” tutur Ence pada CIAMIS.info.

    Ia menghimbau jika warga menemukan keberadaan sepeda motor Yamaha X-Ride berplat nomor Z 4317 VN agar segera melaporkan kepada pihak berwenang.

    Kontributor: @encesopyan
    Editor: @ciamismanis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi