• FYI

    20 Maret 2023

    Sambaran Petir Landa Dusun Cirahab Sadananya, Satu Warga Meninggal Dunia


    Warga RT 05 RW 02 Dusun Cirahab, Desa Bendasari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, dikagetkan oleh sambaran petir yang sangat kuat pada hari Senin (20/3/2022) pukul 15.35 WIB. Terdengar pula bunyi ledakan yang sangat keras pada saat peristiwa ini terjadi.

    Kejadian tersebut mengakibatkan kerusakan pada sejumlah bangunan milik warga dan sarana ibadah. Terdapat bagian langit-langit rumah warga yang rusak, jendela rumah yang pecah, dan pucuk pohon kelapa yang rebah.

    Tak hanya itu, terdapat pula standar listrik yang hancur dan gosong terkena sambaran petir ini. Dahsyatnya petir ini membuat kaget penduduk setempat dan segera memeriksa dampak kerusakan di tempat masing-masing.


    “Suara ledakannya sangat keras, sudah seperti ada gempa,” tutur Athfal Haditia, salah seorang warga setempat pada CIAMIS.info. Ia menyebut, sambaran petir terjadi hanya satu kali.

    Satu Warga Meninggal Dunia

    Sementara itu, seorang warga bernama D (12) yang sedang diduga sedang menggunakan handphone sambil dicas atau terhubung ke saluran listrik, dilaporkan langsung pingsan atau tak sadarkan diri sesaat seusai kejadian. Pelajar kelas 6 SD tersebut langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Namun, kabar terbaru yang diterima CIAMIS.info pada sekitar pukul 17.23 WIB menyebutkan bahwa korban meninggal dunia.

    Keterangan terbaru yang diperoleh media, mengutip pernyataan Kepala Desa Bendasari Jalil Kurdiana, dugaan kematian korban akibat tersambar petir mungkin kurang tepat. Posisi korban sedang berada di dalam rumah dan menonton TV, bukan di alam terbuka. Menurutnya, jika korban tersambar petir, maka kondisi rumah pun tentunya menunjukkan tanda kerusakan. Ditambahkannya, tubuh korban tidak menunjukkan luka bakar seperti pada orang yang tersambar petir. Ia menduga kematian korban mungkin karena kaget mendengar kilat yang sangat kuat, sehigga menimbulkan serangan jantung. Jika melihat kebiasaan makan sehari-hari korban, dikhawatirkan menimbulkan kelemahan pada fisiknya.


    Kabar duka dari Dusun Cirahab, Desa Bendasari, Sadananya, ini kembali mengingatkan bahwa sebagian wilayah di Tatar Galuh Ciamis memiliki potensi bencana alam yang patut selalu mendapatkan perhatian dan kewaspadaan.

    Dalam kesempatan terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik Pusdalops BPBD Ciamis R. Memet Hikmat menghimbau warga Ciamis untuk selalu tetap waspada, terlebih jika melihat kondisi cuaca tidak biasa, apalagi jika cukup ekstrim. Tempatkan diri dalam keadaan yang aman dan hindari potensi yang dapat membahayakan.

    Saat ini, masih sering terjadi kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi. Bencana hidrometeorologi merupakan fenomena nyata yang harus diantisipasi dengan kewaspadaan semaksimal mungkin.

    Kontributor: @ff.skuyyy_96
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi