• FYI

    08 Juli 2023

    Kebakaran Landa Kantor PKBM di Area Gedung Pramuka Ciamis, Puluhan Komputer Hangus Dilahap si Jago Merah


    UPT Damkar Kabupaten Ciamis mengerahkan tak kurang dari 3 unit kendaraan yang terdiri atas 2 unit pancar dan 1 unit water supply, serta 14 orang petugas di lapangan untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di kantor PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Bina Pandu Mandiri pada hari Jumat (7/7/2023) malam.

    Kantor yang merupakan bangunan aset pemerintah ini masih berada di area Gedung Pramuka yang beralamat di Jl. A. Yani No.137, Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pada awalnya banyak warga yang menyangka kebakaran terjadi di Gedung Pramuka.

    Kebakaran yang mendapat perhatian banyak warga setempat dan para pelintas di jalur Ciamis-Banjar tersebut mulai terlihat pada sekitar pukul 21.30 WIB dengan kondisi api masih kecil. Namun, api kemudian membesar dan melahap seluruh isi bangunan tersebut.

    Para petugas damkar selama lebih dari satu jam setengah melakukan pemadaman dan penanganan tempat kejadian, dengan didukung oleh unsur-unsur bantuan dari TNI-Polri, BPBD Ciamis, PLN, PDAM, PMI, Dinsos, dan Tagana Kabupaten Ciamis.

    Selain berusaha memadamkan kebakaran pada kantor PKBM, petugas damkar juga mencegah menjalarnya api dan menyelamatkan bangunan-bangunan di sekitarnya. Meski diduga menyebabkan kerugian cukup besar, tetapi tidak dilaporkan adanya korban jiwa atau luka-luka yang disebabkan oleh kejadian ini.

    Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, kebakaran terjadi pada saat penunggu Kantor PKBM Bina Pandu Mandiri yang bernama Enung (50) sedang memasak air di dapur dan tiba-tiba mendengar suara letusan dari kabel yang berada di atap atau genting bangunan. Ia kemudian keluar dari kantor dan melihat api sudah menjalar di atap bangunan.

    Enung segera meminta bantuan kepada Holis (56) penjaga Gedung Pramuka untuk memadamkan api yang merambat cepat. Namun, api membesar dengan cepat dan Holis mengambil inisiatif untuk melaporkan kejadian kepada Kantor Damkar Ciamis pada pukul 21.40 WIB. Petugas merespon dan tiba di lokasi kejadian 5 menit kemudian.

    Petugas Damkar melakukan pemadaman dan observasi terhadap bangunan yang terbakar. Jumlah kerugian masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, tetapi sumber informasi yang dikutip media menyebut setidaknya terdapat 40 unit komputer yang ikut terbakar.

    Foto: @donny_tothebone
    Editor: @ciamisnulis


    DAMKAR CIAMIS
    Mako Ciamis: (0265) 772993
    WMK Kawali: (0265) 7513578
    WMK Rancah: (0265) 7486484
    WMK Banjarsari: (0265) 2666985

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi