• FYI

    05 September 2023

    Dukung Peningkatan Kualitas Produksi yang Berdaya Saing, KADIN Ciamis Adakan Seminar untuk Pelaku Usaha Peternakan


    KADIN Ciamis terus memberi perhatian dan dukungan pada perkembangan dunia usaha Tatar Galuh, khususnya subsektor peternakan. Sebagaimana diketahui, cukup banyak perusahaan maupun perorangan yang bergerak di bidang peternakan di wilayah Kabupaten Ciamis.

    Peternakan ayam ras pedaging, misalnya, jumlahnya cukup signifikan. Mengutip pernyataan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Syarief Nurhidayat beberapa waktu yang lalu, sebagaimana dirilis media, merujuk data dari BPS tahun 2021, populasi ayam ras pedaging Ciamis mencapai 105 juta ekor per tahunnya.

    Kondisi demikian dapat melahirkan potensi ekonomi luar biasa yang membantu kemajuan pembangunan wilayah, serta meningkatkan kesejahteraan para peternak yang menggelutinya.

    Namun demikian, perkembangan dunia peternakan tak pernah lepas dari berbagai dinamika yang menyertainya. Timbulnya tantangan dan hambatan dalam pengelolaan peternakan, baik di hulu maupun hilirnya, membutuhkan solusi kekinian di semua aspeknya yang tepat sesuai kebutuhan.

    Mencermati kondisi demikian, KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan PT Ciomas Adisatwa dan Naratas Group mengadakan seminar bertema “Seminar peternak ayam demi membangun kualitas produksi yang memiliki daya saing dengan pengaplikasian teknologi terbaru”, pada Selasa (29/8/2023) pagi, bertempat di Pasini Coffee, Tawangsari, Tasikmalaya.


    Kegiatan yang dihadiri sekitar 30 orang peternak ini menghadirkan pembicara Agus Prasetyo, S.Pt., dari PT Ciomas Adisatwa, yang memaparkan berbagai upaya yang dapat dilakukan para peternak untuk dapat meningkatkan kualitas produksi ternaknya, sehingga semakin berdaya saing ke depannya. Hal ini dapat didukung dengan mengaplikasikan teknologi kekinian di bidang peternakan, yang secara dinamis terus berkembang mengikuti kemajuan dan menjawab tantangan.

    Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua KADIN Ciamis Hary Adam, S.E., yang didampingi oleh Direktur Eksekutif Hielmy Pasya, S.P. Kehadiran pimpinan KADIN Ciamis tersebut untuk menunjukkan dukungan penuh bagi perkembangan dunia peternakan, khususnya ayam ras pedaging, di Kabupaten Ciamis.

    Ketua KADIN Ciamis Hary Adam, S.E., dalam kesempatan tersebut mengungkapkan harapannya agar melalui seminar ini wawasan para peternak semakin luas, sehingga ke depannya dapat beradaptasi dengan mengadopsi penggunaan teknologi sesuai kebutuhan.

    “Salah satu harapan dari KADIN dengan diadakannya seminar ini, para peternak khususnya di Kabupaten Ciamis dapat meningkatkan dan memanfaatkan dengan sebaik mungkin teknologi-teknologi di bidang peternakan,” tuturnya.

    Ke depannya, KADIN Ciamis akan terus berusaha mendorong dunia usaha di Kabupaten Ciamis dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan edukatif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia para pengusaha, maupun calon pengusaha, agar mampu berkembang sesuai dinamika dan tuntutan zaman.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi