• FYI

    30 September 2023

    Petugas Gabungan Damkar dan Pusdalops BPBD Ciamis Berhasil Selamatkan Warga Rajadesa yang Terperosok ke dalam Sumur


    Damkar Ciamis Pos WMK Rancah merespon cepat laporan yang disampaikan oleh Agus Rahnawan (37), warga Desa Tanjungjaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, tentang adanya warga setempat yang mengalami musibah terjatuh ke dalam sumur pada hari Jumat (29/9/2023).

    Pelapor menyampaikan bahwa korban Dasta (51), salah seorang warga Dusun Randegan RT 05 RW 06 Desa Tanjungjaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, telah terjatuh ke dalam sumur yang sudah tidak terpakai, pada hari Jumat (29/9/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

    Disebutkan, awalnya pagi itu Dasta datang ke area kebun yang berlokasi di wilayah Dusun Cikole RT 01 RW 07 Desa Tanjungjaya. Namun, saat sedang membersihkan kebun, ia diduga tidak menyadari terdapat sebuah lubang sumur yang sudah tak terpakai. Akibatnya, Dasta terperosok ke dalam sumur dengan kedalaman 12 meter tersebut.

    Selama beberapa jam, Dasta berada di dalam sumur tersebut, dan baru diketahui keberadaanya pada sekitar pukul 14.30 WIB, saat salah seorang warga bernama Agus mendengar teriakannya meminta tolong. Agus kemudian mencari sumber suara minta tolong dan kemudian melaporkan penemuan tersebut kepada perangkat desa setempat dan Pos WMK Rancah Damkar Ciamis.

    Damkar Ciamis merespon cepat laporan tersebut dengan mengirim petugas ke lokasi, tetapi mengalami kendala untuk melakukan evakuasi karena keterbatasan alat dan kelengkapan pendukung. Menyikapi hal tersebut, petugas Damkar Ciamis segera melakukan koordinasi dengan Pusdalops BPBD Kabupaten Ciamis untuk mendapatkan dukungan peralatan dan sumberdaya manusia rescuer.



    Penyelamatan berhasil dilakukan dengan kerjasama berbagai pihak dan korban Dasta akhirnya dapat diselamatkan dari dalam sumur pada pukul 17.40 WIB, dengan dugaan terdapat luka patah tulang di bagian punggung. Korban selanjutnya dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

    Turut terlibat dalam operasi penyelamatan korban ini, yakni aparat Pemerintah Desa Tanjungjaya, aparat Kecamatan Rajadesa, babinsa dan bhabinkamtibmas setempat, personel Pusdalops BPBD Kabupaten Ciamis, petugas Puskesmas Rajadesa, dan anggota PMI Kabupaten Ciamis.

    Petugas menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh warga setempat dalam penyelamatan korban, dan mengharapkan agar sumur yang dapat menimbulkan musibah mendapatkan penanganan, agar kejadian serupa tidak terulang lagi di masa depan.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi