• FYI

    27 Desember 2023

    Diduga Akibat Korsleting Listrik, 2 Rumah Hangus Terbakar di Dusun Jamuresi Rajadesa


    Musibah kebakaran melanda dua rumah penduduk di Dusun Jamuresi RT 02 RW 07, Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, pada hari Rabu (27/12/2023) pukul 14.25 WIB.

    Kebakaran yang diduga akibat arus pendek atau korsleting listrik ini menimpa rumah semi permanen milik Isah (73) dan Kardi (46), keduanya warga Dusun Jamuresi. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini.

    Namun, kerugian material yang ditanggung oleh kedua rumah ditaksir mencapai lebih kurang Rp150 juta, sebab perabotan dan harta benda di dalamnya terbakar habis.

    Menurut keterangan, awalnya seorang warga melihat asap keluar dari rumah Ibu Isah, dan meminta bantuan tetangga untuk mengeceknya. Pasalnya, rumah tersebut kosong dan tidak ditinggali pemiliknya.

    Ternyata, terlihat ada percikan api dari kamar di rumah tersebut. Kejadian ini segera mendapat perhatian warga yang secara spontan berusaha memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya.

    Warga juga segera melaporkan kejadian ini kepada aparat pemerintahan desa setempat. Sekretaris Desa Sukajaya kemudian melaporkan peristiwa kebakaran ini kepada Damkar Ciamis Pos WMK Rancah.

    Warga sebenarnya berusaha untuk memadamkan kebakaran ini. Sulitnya pemadaman, di samping disebabkan oleh keterbatasan alat yang digunakan warga, juga karena keterbatasan sumber air. Sementara itu, personel Damkar Ciamis Pos WMK Rancah dapat mencapai lokasi 41 menit sejak laporan masuk, karena faktor lokasi dan kondisi jalan.

    Kebakaran akhirnya dapat dihentikan, tetapi sayangnya setelah seisi rumah terbakar habis. Tim Damkar Ciamis yang tiba di lokasi pada pukul 15.20 WIB kemudian melakukan pendinginan dan mengobservasi obyek yang terbakar.

    Petugas juga memberi imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran.

    Source: @damkarkab.ciamis, @renzt.id
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi